close

Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Loc di Whatsapp

Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Loc di Whatsapp – Hallo sobat koplo, Whatsapp merupakan aplikasi yang sangat popular dikalangan masyarakat. Bahkan pada saat ini hamper seluruh kalangan masyarakat menggunakan whatsapp sebagai sarana komunikasi utama mereka. Hal tersebut dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki oleh whatsapp sangat lengkap dan memudahkan pengguna dalam berkomunikasi jarak jauh dengan cepat dan murah.

Selain digunakan untuk mengirimkan pesan teks, ternyata anda juga dapat mengirimkan pesan suara, gambar bahkan video, membuat sebuah status, melakukan panggilan suara/video, bergabung kedalam sebuah grup, dan mengirimkan lokasi terkini atau share loc. Dengan adanya fitur share loc, pengguna dapat membagikan lokasi terkini mereka kepada pengguna lainnya.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Loc di Whatsapp
Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Loc di Whatsapp

Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Loc di Whatsapp

Fitur share loc yang dimiliki oleh whatsapp ini bisa dibilang merupakan fitur yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Dengan adanya share loc, pengguna whatsapp dapat memberitahukan posisi mereka secara akurat kepada pengguna lain dan anda juga dapat mengetahui posisi seseorang jika dia membagikan share loc kepada anda.

Share loc di whatsapp biasanya digunakan Ketika sedang menunggu orang disuatu tempat atau sedang dalam perjalanan. Ketika anda sedang menunggu orang, orang lain akan dengan mudah menemukan posisi anda dengan cara melihat lokasi anda di share loc. Ketika dalam perjalanan, orang lain dapat mengetahui anda sudah sampai lama.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa share loc merupakan fitur yang sangat penting bagi pengguna whatsapp, akan tetapi dalam penggunaannya terkadang terdapat permasalahan dimana anda tidak dapat membagikan share loc di whatsapp.

Baca Juga :  Cara Menambahkan Jam Kerja/Jam Operasional di Profil Whatsapp Bisnis

Apakah pada saat ini anda sedang whatsapp anda tidak bisa melakukan share loc? Jika iya maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi tidak bisa share loc di whatsapp. Silahkan ikuti tutorial saya berikut ini :

Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Loc di Whatsapp
Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Loc di Whatsapp

1. Pastikan HP anda sudah terdapat fitur GPS

Agar dapat digunakan, fitur share loc di whatsapp memerlukan sebuah GPS yang aktif untuk mengetahui posisi anda pada saat ini. Tanpa adanya GPS, fitur share loc tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa HP anda sudah memilii fitur GPS.

2. Pastikan GPS anda sudah diaktifkan

Jika HP anda sudah memiliki GPS akan tetapi whatsapp anda tetap tidak bisa melakukan share loc, maka Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa GPS di HP anda sudah diaktifkan. Hal ini wajib dilakukan dikarenakan agar share loc whatsapp akan mengambil data dari GPS anda untuk mengetahui posisi anda secara akurat.

3. Beri izin whatsapp untuk mengakses lokasi

Agar dapat digunakan, fitur share loc di whatsapp memerlukan sebuah izin pada system HP anda. Izin tersebut adalah izin untuk mengakses lokasi HP anda sesuai dengan yang disediakan oleh jaringan. Ketika izin tidak diberikan, whatsapp tidak bisa mengetahui lokasi anda sehingga fitur share loc tidak bisa digunakan.

4. Update aplikasi whatsapp

Share loc merupakan salah satu fitur yang ada di whatsapp, agar dapat menggunakan fitur share loc, maka anda harus menggunakan versi whatsapp yang sudah terdapat fitur share loc didalamnya. Jika aplikasi whatsapp anda pada saat ini belum terdapat fitur share loc, maka anda harus memperbaruinya terlebih dahulu melalui Playstore atau Appstore.

Baca Juga :  Bisakah Login Whatsapp (WA) dengan Nomor yang Sudah Tidak Aktif/Hangus?

5. Hapus data dan cache aplikasi whatsapp

Sebuah aplikasi yang terinstall di HP pasti memiliki data dan file cache yang tersimpan di memori penyimpanan HP anda. Semakin sering suatu aplikasi digunakan, maka semakin besar juga ukuran data dan cache aplikasi. Jika ukuran file tersebut terlalu besar, aplikasi akan menjadi berat dan tidak berjalan dengan maksimal. Jadi, silahkan bersihkan data dan cache aplikasi whatsapp secara berkala.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Loc di Whatsapp
Cara Mengatasi Tidak Bisa Share Loc di Whatsapp

6. Paksa berhenti aplikasi whatsapp

Kesalahan yang terjadi pada aplikasi whatsapp seperti tidak bisa melakukan share loc bisa saja disebabkan karena aplikasi yang tidak terbuka secara sempurna. Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus menutup aplikasi whatsapp dari system HP anda. Caranya silahkan anda masuk ke pengaturan aplikasi whatsapp lalu klik paksa berhenti.

7. Install ulang aplikasi whatsapp

Jika setelah melakukan cara diatas whatsapp anda masih tidak bisa melakukan share loc, bisa jadi penyebab dari permasalahan tersebut adalah adanya bug atau kesalahan pada aplikasi whatsapp yang terinstall di HP anda. Bisa jadi aplikasi whatsapp yang anda miliki corrupt. Oleh karena itu, silahkan anda coba install ulang aplikasi whatsapp di HP anda.

8. Pastikan koneksi internet cepat dan stabil

Agar fitur share loc whatsapp bisa berjalan dengan lancar, anda harus memastikan bahwa koneksi internet yang anda gunakan cepat dan stabil. Karena share loc ini membutuhkan jaringan untuk dapat mengetahui posisi anda dengan akurat. Semakin cepat koneksi internet yang anda gunakan, tingkat keakuratan share loc juga semakin tinggi.

Baca Juga :  Cara Mengunci Whatsapp dengan Sidik Agar Lebih Aman

9. Pastikan HP anda terinstall Google Maps

Cara lain yang dapat anda gunakan untuk mengatasi tidak bisa share loc di whatsapp adalah dengan memasang aplikasi Google Maps di HP anda. Meskipun Google Maps dan Whatsapp merupakan dua aplikasi yang berbeda. Akan tetapi kedua aplikasi ini saling berkesinambungan. Jadi silahkan install aplikasi Google Maps versi terbaru di HP anda.

10. Restart HP anda terlebi dahulu

Cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatasi permasalahan whatsapp tidak bisa share loc adalah dengan cara merestart HP anda terlebih dahulu. Bisa jadi permasalahan tersebut dikarenakan ada error pada system HP anda. Untuk mengatasi error apda system HP anda sangatlah mudah. Anda hanya perlu mematikan HP untuk sementara waktu atau melakukan restart HP.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi tidak bisa share loc di whatsapp. Tidak bisa share loc di whatsapp adalah hal yang sangat menyebalkan. Apalagi jika anda memang benar-benar membutuhkan fitur tersebut seperti saat anda sedang melakukan perjalanan jauh atau sedang menunggu orang disuatu tempat.

Jika anda tertarik dengan artikel mengenai whatsapp lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Perbedaan Berbagi Lokasi Terkini dan Kirim Lokasi Anda Saat Ini di Share Loc Whatsapp. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar