close

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dengan Mudah – Hallo sobat koplo, HP Xiaomi yang mengalami restart terus-menerus tentu menjadi kendala serius bagi pengguna. Kondisi demikian membuat Anda tidak bisa mengakses fungsi di dalam smartphone. Apabila situasi tersebut terjadi saat melakukan pekerjaan, maka terdapat risiko kehilangan data dan proses pekerjaan yang juga dapat merugikan. Tidak jarang situasi tersebut membuat banyak orang merasa panik.

Beberapa orang berasumsi bahwa situasi tersebut merupakan kerusakan permanen. Sebab kondisi tersebut memang menimbulkan gangguan dan hambatan dalam menggunakan perangkat. Tetapi situasi restart terus-menerus tidak berarti perangkat Anda mengalami kerusakan permanen. Terdapat beberapa langkah yang masih bisa Anda usahakan agar perangkat dapat berfungsi kembali seperti kondisi normal.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dengan Mudah
Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dengan Mudah

Masalah HP Xiaomi yang Restart Terus

Kondisi HP Xiaomi yang mengalami restart terus-menerus terjadi akibat perangkat gagal memuat data sistem. Kegagalan tersebut membuat HP Xiaomi Anda akan mengulangi prosedur menyalakan perangkat kembali ke tahap awal. Sistem yang mengalami kerusakan atau kendala menyebabkan proses tidak berlanjut ke langkah yang semestinya dan mengulang alur tersebut terus-menerus.

Namun kendala yang terjadi pada proses memuat sistem dapat terjadi akibat beberapa hal. Setiap kendala akan memerlukan penanganan berbeda agar smartphone dapat Anda gunakan kembali. Beberapa prosedur akan membutuhkan waktu cukup panjang untuk Anda lakukan. Sementara sebagian besar solusi lainnya hanya akan membutuhkan waktu singkat.

Penyebab HP Xiaomi Restart Terus Menerus

Penyebab HP Xiaomi mengalami restart terus-menerus dapat bersumber dari kendala pada hardware maupun software. Apabila kendala terletak pada software, maka umumnya terdapat solusi yang cukup sederhana dan berbiaya minim. Namun kendala pada hardware umumnya akan membutuhkan bantuan tenaga profesional agar kendala terselesaikan.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dengan Mudah
Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dengan Mudah

Adapun beberapa penyebab umum HP Xiaomi mengalam restart terus-menerus, antara lain:

  • Penggunaan memori pembaca (RAM) perangkat sudah mencapai batas. Sehingga tidak terdapat alokasi memori untuk menjalankan sistem secara konsisten;
  • Terlalu banyak aplikasi terbuka yang menyebabkan alokasi sumber daya prosesor dan RAM mencapai batas untuk tetap menjalankan sistem dasar;
  • Data chace dan sampah terlalu banyak. Akibatnya terlalu banyak data yang harus diproses dalam satu waktu. Sehingga memori dan prosesor kelebihan beban kerja;
  • Serangan virus atau malware yang merusak data sistem secara permanen. Virus juga dapat memicu berjalannya proses-proses yang tidak diperlukan dan menghabiskan alokasi memori;
  • Kerusakan aplikasi yang membuat performa terputus dan berhenti secara mendadak;
  • HP terlalu panas yang menyebabkan perangkat keras (hardware) berhenti bekerja untuk sementara. Sehingga smartphone Anda mati secara mendadak;
  • Kerusakan baterai menyebabkan daya terputus sementara atau dalam waktu lama. Perangkat umumnya akan menyala kembali secara otomatis setelah daya tersambung. Sehingga tampak seperti prosedur restart dari sudut pandang pengguna;
  • Kerusakan data sistem yang menyebabkan terputusnya performa pada kondisi tertentu;
  • Rusaknya perangkat keras (hardware) sehingga tidak dapat berfungsi normal.
Baca Juga :  Cara Buka HP Xiaomi Lupa Password, PIN, dan Pola dengan Mudah

Cara Mengatasi Xiaomi Restart Terus

Berikut beberapa rekomendasi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kondisi HP Xiaomi yang mengalami restart terus-menerus. Langkah-langkah berikut disusun berdasarkan kemudahan pilihan dan estimasi risiko yang dapat ditimbulkan. Risiko tersebut terkait data, proses aplikasi, biaya, dan waktu menjalankan prosedur yang Anda perlukan.

Bacalah terlebih dulu seluruh pilihan solusi yang dapat Anda lakukan. Temukan kondisi yang paling sesuai dengan situasi perangkat Anda. Beberapa perangkat terkadang membutuhkan solusi final tanpa harus melalui tahapan-tahapan awal. Sementara beberapa lainnya hanya memerlukan solusi singkat dalam beberapa menit pengerjaan.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dengan Mudah
Cara Mengatasi HP Xiaomi Restart Terus Menerus dengan Mudah

1. Kosongkan Memori

Anda dapat mengosongkan memori perangkat untuk memberi ruang penyimpanan lebih longgar agar sistem dapat berjalan lancar. Untuk melakukannya, Anda dapat memulai dengan menghapus data-data tidak terpakai. Selain itu, Anda juga dapat menghapus data percakapan dari aplikasi seperti WhatsApp apabila sudah berusia cukup lama.

Anda dapat mengelola data-data tersebut melalui “File Manager” yang terdapat dalam perangkat Xiaomi. Selain itu, Anda juga memiliki pilihan untuk mencadangkan data ke perangkat atau ruang penyimpanan lain. Anda dapat memindahkan data ke komputer, layanan cloud, dan berbagai ruang lain agar data dapat digunakan kembali sewaktu-waktu.

2. Tutup Aplikasi dan Hapus yang Tidak Anda Perlukan

Saat menggunakan smartphone, pastikan Anda mengelola aplikasi yang terbuka dengan baik. Tutup secara total aplikasi yang sudah tidak terpakai. Beberapa aplikasi akan tetap aktif dan menggunakan sumber daya perangkat apabila Anda hanya meminimalkan tampilannya saja. Anda dapat memeriksa status tersebut dengan menekan “recent button” yang terdapat di bagian bawah perangkat.

Dengan menekan recent button, Anda akan mendapatkan daftar aplikasi yang masih terbuka dan berjalan di latar belakang. Geser ke kanan atau atas tampilan aplikasi tersebut untuk memastikan tertutup secara penuh. Selain itu, Anda juga dapat menghapus beberapa aplikasi yang jarang terpakai atau tidak relevan untuk sementara waktu.

3. Hapus Cache dan Data Sampah

Data cache merupakan sekumpulan informasi yang terkait dengan aplikasi di dalam perangkat Xiaomi Anda. Informasi tersebut membantu menyimpan proses-proses umum yang terjadi di dalam aplikasi, seperti username, halaman, dan berbagai data lain. Adanya cache membantu proses berjalannya aplikasi lebih singkat dalam memuat informasi.

Namun cache yang tersimpan terlalu banyak juga dapat berdampak buruk bagi performa perangkat. Sehingga Anda perlu membersihkannya secara rutin. Adapun beberapa langkah yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Akses menu “Pengaturan”;
  • Tekan pada opsi “Aplikasi”;
  • Buka menu “Kelola Aplikasi”;
  • Tekan pada aplikasi tertentu, missal YouTube;
  • Temukan dan tekan tombol “Clear Cache”;
  • Selesai.

4. Jangan Gunakan HP Saat Suhu Panas

Suhu panas yang terasa pada badan perangkat menandakan adanya aktivitas besar di dalam smartphone Anda. Situasi tersebut umumnya terjadi pada proses aplikasi yang cukup besar atau performa smartphone melebihi batasan kapasitas. Sehingga di saat suhu perangkat panas, umumnya smartphone berada pada batasan performanya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah

Menambahkan proses akan mendorong gangguan sistem atau performa yang mencapai batasan dan mengakibatkan sistem berhenti mendadak. Hal tersebut berakibat restart bagi sebagian besar kondisi. Sehingga Anda dapat mengistirahatkan perangkat apabila sudah mulai terasa panas berlebih. Anda dapat beralih sementara pada aktivitas lain sampai suhu badan perangkat kembali normal.

5. Scan Virus atau Malware

Virus dan malware di dalam smartphone dapat menyebabkan banyak masalah. Di antaranya adalah inisiasi aplikasi lain atau pemasangan aplikasi tanpa izin. Pada batas tertentu, smartphone Anda bisa mengalami kelebihan beban dan terpaksa restart secara otomatis.Beberapa virus juga dapat merusak data sistem sehingga tidak berjalan sempurna.

Untuk mencegah situasi tersebut, lakukan proses pemindaian virus dan malware secara berkala. Anda dapat menggunakan aplikasi yang terdapat di dalam sistem atau memasang program tambahan melalui Play Store. Hal tersebut akan sangat membantu menghindarkan perangkat Anda dari kerusakan aplikasi dan sistem yang mengganggu performa.

6. Update Seluruh Aplikasi

Setiap aplikasi di dalam smartphone Anda berkembang dari layanan developer tertentu. Masing-masing developer tersebut umumnya memberikan update agar aplikasi terus dapat berjalan dengan baik mengikuti sistem yang tersedia. Sebab aplikasi yang tidak mendapatkan update akan mengalami kendala performa pada batas-batas tertentu.

Untuk melakukan update pada aplikasi di smartphone Xiaomi, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Play Store;
  • Arahkan ke opsi “Profil”;
  • Tekan pada “Kelola aplikasi dan perangkat”;
  • Temukan aplikasi yang memiliki data update;
  • Tekan “Update” pada aplikasi yang tersedia;
  • Tunggu beberapa saat dan selesai.

7. Update Sistem

Selain aplikasi umum yang perlu mendapatkan update, sistem dasar pada perangkat Anda juga perlu diperbarui secara rutin. Serupa dengan aplikasi umum, sistem dasar perlu mendapatkan update agar tetap dapat menjalankan fungsi-fungsi dasar dan aplikasi yang berada di dalamnya. Proses update umumnya tidak membutuhkan waktu lama apabila Anda melakukannya secara rutin.

Adapun beberapa langkah update sistem dalam perangkat Xiaomi adalah:

  • Akses menu “Pengaturan”;
  • Buka opsi “Tentang perangkat”;
  • Periksa pada bagian “MIUI Version”;
  • Temukan status notifikasi dan periksa update yang tersedia;
  • Tekan pada opsi “MIUI Version”;
  • Pilih opsi “Unduh pembaruan”;
  • Tunggu proses unduhan berjalan;
  • Proses pemasangan update akan berjalan otomatis;
  • Ponsel mungkin akan mengalami beberapa kali restart;
  • Selesai.

8. Factory Reset

Beberapa kendala yang berkaitan dengan virus, malware, batasan ruang penyimpanan, kerusakan data sistem, dan berbagai situasi lain terkadang tidak dapat Anda atasi dengan beberapa langkah di atas. Sehingga Anda memerlukan langkah yang lebih ampuh untuk menghapus virus, malware, dan data tidak terpakai. Langkah tersebut dapat Anda jalankan melalui factory reset.

Baca Juga :  Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah

Prosedur factory reset akan mengembalikan data sistem ke kondisi semula seperti saat Anda pertama kali membeli perangkat. Selain itu, seluruh data non-sistem juga akan terhapus secara permanen, termasuk aplikasi, virus, dan berbagai informasi lainnya. Hal tersebut juga berdampak pada performa yang dapat kembali seperti semula.

Adapun beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk menjalankan fungsi factory reset, antara lain:

  • Hidupkan perangkat Xiaomi;
  • Akses menu “Setelan”;
  • Tekan pada “Setelan Tambahan”;
  • Pilih menu “Cadangkan dan Setel Ulang”;
  • Tekan pada opsi “Kembalikan ke Setelah Pabrik” pada opsi paling bawah;
  • Buka halaman detail dan tekan pada tombol “Setel Ulang Telepon”;
  • Isikan kata sandi yang sesuai dan tekan tombol “Oke”;
  • Tunggu beberapa saat hingga selesai.

9. Cek dan Ganti Baterai

Kendala restart berulang dapat terjadi dari luar aplikasi dan sistem. Tepatnya pada perangkat keras atau hardware. Salah satu perangkat keras yang menjadi kendala umum adalah baterai. Anda dapat memantau status baterai pada indikator yang terdapat di layar Xiaomi. Apabila penurunan daya terjadi secara tidak normal, maka terdapat potensi baterai mengalami kerusakan.

Apabila hal tersebut terjadi, Anda dapat mengganti perangkat baterai smartphone Xiaomi. Namun untuk melakukannya Anda akan membutuhkan bantuan profesional dan pilihan produk baterai yang sesuai. Anda dapat menghubungi layanan perbaikan resmi Xiaomi terdekat untuk mendapatkan bantuan yang layak dan sesuai.

10. Ganti Hardware yang Mengalami Kerusakan

Selain baterai, terdapat potensi adanya kerusakan yang terjadi pada hardware lain. Indikasi utama kendala tersebut adalah saat situasi restart terus-menerus tidak berhenti setelah Anda melakukan factory reset. Apabila kendala tetap terjadi, maka terdapat potensi besar adanya kerusakan pada hardware Xiaomi Anda.

Namun kerusakan tersebut umumnya cukup sulit Anda perbaiki sendiri. Mengganti perangkat hardware juga membutuhkan keterampilan teknis tingkat lanjut dan risiko lebih besar. Sehingga sangat disarankan agar Anda menghubungi layanan perbaikan terpercaya. Anda juga dapat mengoptimalkan layanan dengan menghubungi gerai perbaikan resmi dari Xiaomi.

Yak, kira-kira seperti itulah cara mengatasi perangkat Xiaomi yang mengalami restart terus-menerus. Lakukan analisa sederhana dan terapkan solusi sesuai kondisi. Namun apabila kendala tidak teratasi, Anda juga dapat meminta bantuan profesional. Upayakan menggunakan layanan resmi untuk menghindari risiko kerusakan lebih berat dan biaya-biaya yang tidak Anda perlukan.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang HP Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar