close

Cara Mengatasi Play Store Error dengan Mudah, 100% Berhasil

Cara Mengatasi Play Store Error dengan Mudah, 100% Berhasil – Hallo sobat koplo, Jika anda adalah pengguna HP Android, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan Play Store. Karena hampir di semua jenis android yang terinstall aplikasi Play Store dari bawaan HP. Terlebih lagi aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan sistem sehingga anda tidak bisa menghapus atau menguninstall.

Play store merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google yang memilki fungsi untuk mendownload dan menginstall aplikasi. Hampir seluruh aplikasi HP tersedia di Play Store. Dikarenakan Play Store merupakan layanan download aplikasi yang disediakan oleh Google, maka dapat dipastikan bahwa aplikasi yang anda download melalui Play Store itu aman. Karena agar bisa tayang di Play Store,aplikasi tersebut harus lolos review dari Google.

Cara Mengatasi Play Store Error dengan Mudah, 100% Berhasil
Cara Mengatasi Play Store Error dengan Mudah, 100% Berhasil

Cara Mengatasi Play Store Error dengan Mudah, 100% Berhasil

Selain digunakan untuk mendownload aplikasi, ternyata di Playstore anda juga dapat mendownload Game dan Buku. Di Playstore, terdapat aplikasi, game, dan buku yang dapat anda download secara gratis, dan ada juga yang berbayar. Hal tersebut tergantung dari developer nya. Jadi, anda hanya perlu menyesuaikan kebutuhan anda ketika menggunakan aplikasi Play Store.

Cara agar dapat mendownload aplikasi, game, dan buku di Play Store juga cukup mudah, anda hanya perlu memiliki akun Google dan koneksi Internet untuk mengakses Play Store. Setelah itu, anda sudah dapat mendownload dan menginstall aplikasi melalui Play Store. Terdapat banyak sekali kategori yang anda pilih.

Normalnya, ketika ingin mendownload sesuatu melalui Play Store, anda hanya perlu memilih aplikasi yang ingin di download, kemudian klik Install. Secara otomatis, Play Store akan memulai proses download pada aplikasi tersebut. Setelah proses download selesai, aplikasi tersebut akan langsung terinstall di HP anda.

Akan tetapi dalam beberapa kasus, terdapat beberapa pengguna android yang mengalami permasalahan tidak bisa mendownload aplikasi, game, dan buku di Play Store karena mengalami error. Apakah anda juga mengalami error pada Play Store di HP anda? Jika anda juga mengalaminya, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi Play Store error. Silahkan ikuti tutorial berikut ini :

Cara Mengatasi Play Store Error dengan Mudah, 100% Berhasil
Cara Mengatasi Play Store Error dengan Mudah, 100% Berhasil

1. Pastikan koneksi Internet yang anda gunakan lancar

Dikarenakan Play Store merupakan aplikasi yang anda gunakan untuk mendownload aplikasi, game, dan buku, maka secara otomatis Play Store pasti membutuhkan koneksi Internet yang cepat dan stabil. Error yang terjadi pada Play Store bisa disebabkan karena koneksi internet yang anda gunakan terlalu lambat. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan koneksi Internet yang anda gunakan :

  • Gunakan provider yang memiliki jaringan terbaik di HP anda
  • Ubah jaringan anda dari data seluler ke WiFi atau sebaliknya
  • Kunci jaringan anda ke 4G
  • Pastikan anda masih memiliki kuota
  • Pastikan tagihan WiFi anda sudah dibayar
  • Buka Play Store di tempat terbuka (tidak banyak gedung atau pohon)
  • Hidupkan mode pesawat sementara
  • Matikan dan hidupkan lagi data seluler/Wifi HP anda
Baca Juga :  Cara Mengetahui Aplikasi Yang Paling Sering Digunakan dan Paling Jarang Digunakan Melalui Play Store

2. Periksa ruang penyimpanan HP anda

Ketika ingin mendownload game, aplikasi, atau buku di Play Store, maka anda harus memastikan bahwa ruang penyimpanan di HP anda masih terdapat ruang yang kosong. Dikarenakan aplikasi, game, dan buku tersebut akan tersimpan di memori penyimpanan HP anda. Jika apda saat ini memori penyimpanan HP anda sudah penuh, silahkan kosongkan ruang penyimpanan HP anda. Berikut adalah tutorialnya :

  • Pindahkan data anda ke perangkat lain (Harddisk atau laptop)
  • Hapus foto atau video yang tidak digunakan
  • Hapus file yang tidak digunakan

3. Pastikan kartu SD di HP anda sudah terpasang dengan benar

Error yang terjadi pada Play Store juga bisa disebabkan karena kartu SD yang anda gunakan tidak terpasang dengan benar. Pastikan bahwa kartu SD yang anda gunakan sudah terbaca oleh perangkat anda. Jika belum terbaca, silahkan anda lepas kartu SD di HP anda, bersihkam, kemudian pasang kembali di HP anda.

4. Jangan gunakan VPN

Permasalahan error yang terjadi di Play Store juga bisa disebabkan karen anda menggunakan VPN di HP anda. Karena memang sebagian aplikasi melarang penggunaan VPN ketika mengaksesnya. Silahkan anda putuskan koneksi VPN di HP anda atau hapus aplikasi VPN untuk sementara waktu.

5. Sesuaikan tanggal dan waktu di HP anda

Permasalahan Play Store yang error juga bisa disebabkan karena settingan tanggal dan waktu di HP anda tidak sesuai dengan jaringan atau server Play Store. Jadi pastikan tanggal dan waktu di HP anda sudah sesuai dengan jaringan yang anda gunakan. Untuk memastikannya, anda dapat menggunakan tanggal dan waktu yang disediakan jaringan. Berikut adalah tutorial nya :

  • Buka pengaturan di HP anda
  • Masuk ke pengaturan tanggal dan waktu
  • Centang pada bagian gunakan tanggal dan waktu yang disediakan jaringan

6. Update aplikasi Play Store

Error yang terjadi pada suatu aplikasi juga bisa disebabkan karena terdapat bug pada aplikasi atau aplikasi Play Store yang anda gunakan masih versi lawas. Oleh karena itu, untuk mengatasi aplikasi Play Store yang error, silahkan update aplikasi Play Store di HP anda ke versi terbaru. Berikut adalah tutorialnya :

  • Buka aplikasi Play Store
  • Klik ikon profil di pojok kanan atas.
  • Ketuk Setelan kemudian Tentang kemudian Versi Play Store.
  • Anda akan menerima pesan yang memberitahukan bahwa Play Store sudah versi terbaru. Ketuk Oke.
Baca Juga :  Cara Install, Update, dan Uninstall Aplikasi Melalui Play Store

7. Uninstall pembaruan Play Store

Jika ternyata pada saat ini aplikasi Play Store yang sudah terinstall di HP anda merupakan versi yang sudah terbaru, maka cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi Play Store error adalah dengan menurunkan versi Play Store ke versi sebelumnnya. Bisa jadi aplikasi Play Store yang versi terbaru masih belum kompatibel dengan HP anda. Berikut adalah cara uninstall pembaruan Play Store :

  • Buka Pengaturan di HP anda
  • Masuk ke pengaturan aplikasi
  • Klik kelola aplikasi
  • Cari aplikasi Play Store
  • Klik Uninstall pembaruan
Cara Mengatasi Play Store Error dengan Mudah, 100% Berhasil
Cara Mengatasi Play Store Error dengan Mudah, 100% Berhasil

8. Hapus data dan cache Play Store

Sama seperti aplikasi lain yang terinstall di HP anda, Play Store juga memiliki data dan file cache yang tersimpan di HP anda. Karena memang aplikasi Play Store ini jarang diperhatikan, biasanya data dan cache Play Store sudah menumpuk di HP anda. Data dan cache itulah yang menyebabkan Play Store mengalami error. Berikut adalah tutorial hapus data dan cache Play Store :

  • Masuk ke pengaturan di HP anda
  • Klik pengaturan aplikasi
  • Masuk lagi ke kelola aplikasi
  • Cari aplikasi Play Store
  • Klik Hapus data dan hapus cache

9. Update versi Android HP anda

Sebuah aplikasi yang terinstall di Hp pasti memiliki spesifikasi minimum perangkat yang dapat diinstall aplikasi tersebut. Misalya versi android minimum yang diperlukan adalah android 10, sedangkan versi android anda saat ini adalah android 9, maka untuk memastikan aplikasi tersebut berjalan normal, anda harus mengupdate versi android anda.

10. Pastikan anda sudah login ke akun Google

Dikarenakan play store merupakan salah satu layanan dari Google, maka agar bisa membuka dan mengakses Play Store, anda harus login terlebih dahulu ke akun Google yang anda miliki. Jika belum memilikinya, anda dapat membuatnya terlebih dahulu secara gratis.

11. Restart HP anda

Selain terjadi masalah pada aplikasi Play Store, ternyata error yang terjadi pada aplikasi juga bisa disebabkan karena adanya error atau kesalahan pada sistem HP anda. Error pada sistem HP tersebut mengakibatkan aplikasi tidak berjalan dengan lancar dan mengalami error. Untuk mengatasi hal tersebut, anda hanya perlu merestart HP anda untuk sementara waktu.

Baca Juga :  Cara Mengecek Keamanan Aplikasi Yang Sudah Terinstall atau Baru Mau Diinstall Menggunakan Google Play Protect

12. Server Play Store sedang down

Dikarenakan didalam Play Store terdapat banyak sekali aplikasi, game, dan buku yang tersedia, hal tersebut membuat server Play Store memerlukan resources yang besar. Terlebih lagi jika pada saat yang bersamaan terdapat banyak orang yang melakukan download aplikasi. Bisa jadi server Play Store mengalami down. Jika memang error disebabkan karena server down, maka satu-satunya cara yang dapat anda lakukan adalah menunggu hingga server normal kembali.

13. Melaporkan permasalahan ke pihak Play Store

Jika permasalahan Play Store error masih belum teratasi setelah anda mencoba beberapa cara diatas, cara lain yang dapat anda gunakan adalah melaporkan permasalahan tersebut ke pihak Play Store atau Support Google. Cara ini memang tidak dapat menyelesaikan permasalahan dengan cepat, akan tetapi dengan melaporakan permasalahan tersebut, Google menjadi tahu bahwa masih terdapat error pada Play Store. Sehingga pihak Google akan memperbaikinya.

14. Factory Reset HP anda

Cara ini memang sedikit berat untuk anda lakukan akan tetapi terbukti dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di HP. Yaitu dengan melakukan factory reset HP anda ke setelan pabrik. Setelah melakukan factory reset, setelan HP anda akan berubah seperti bawaan pabrik atau seperti HP baru. Jadi semua data dan settingan akan kembali ke default.

15. Download aplikasi diluar Play Store

Jika setelah melakukan semua cara diatas Play Store anda masih error sehingga anda tidak bisa mendownload aplikasi melalui Play Store, cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah mendownload aplikasi diluar play store. Terdapat beberapa tempat yang dapat anda gunakan untuk mendownload aplikasi diluar Play Store, diantaranya :

  • Website resmi aplikasi tersebut
  • Apkpure.com
  • Apkmirror.com

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi Play Store error dengan mudah. Play Store merupakan aplikasi yang sangat penting bagi HP android. Karena Play Store digunakan untuk mendownload seluruh aplikasi yang anda perlukan. Jika Play Store mengalami error, pasti anda akan mengalami kesusahan ketika ingin mendownload aplikasi.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Play Store lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatasi Error DF-DFERH-01 di Play Store Dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar