close

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Terhubung atau Tidak Konek Internet

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Terhubung atau Tidak Konek Internet – Hallo sobat koplo, Whatsapp merupakan aplikasi perpesanan yang cukup digemari oleh banyak orang. Bahkan hampir seluruh orang memiliki aplikasi Whatsapp di HPnya. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua menggunakan whatsapp sebagai sarana komunikasi utamanya. Tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, ternyata banyak juga orang yang memanfaatkan whatsapp untuk berbisnis.

Aplikasi whatsapp bisa dibilang sebagai aplikasi yang banyak di Install oleh orang. Bahkan pada saat ini jumlah orang yang mendownload aplikasi whatsapp di Play Store sudah lebih dari 5 miliar orang. Hal tersebut dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki whatsapp sangat lengkap. Anda bisa mengirim pesan, menelepon, membuat status, dan bergabung ke dalam sebuah grup.

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Terhubung atau Tidak Konek Internet
Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Terhubung atau Tidak Konek Internet

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Terhubung atau Tidak Konek Internet

Untuk dapat menggunakan Whatsapp, anda hanya memerlukan sebuah nomor yang akan digunakan untuk mendaftar dan koneksi internet. Tidak seperti sosial media yang lain, Whatsapp tidak terlalu membutuhkan koneksi internet yang cepat. Bahkan, pada jaringan H+ pun anda sudah bisa menggunakan aplikasi Whatsapp.

Akan tetapi meskipun demikian, banyak juga orange yang mengeluhkan dimana whatsapp mereka tidak terhubung atau tidak konek ke Internet. Sehingga whatsapp yang mereka miliki menjadi tidak bisa digunakan. Tanpa adanya koneksi internet, anda tidak bisa mengirimkan pesan, tidak bisa menelepon seseorang, dan lain-lain.

Tentu anda akan sangat terganggu dengan permasalahan tersebut, apalagi jika anda sedang perlu menghubungi seseorang tapi whatsapp anda tiba-tiba tidak bisa terhubung. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi whatsapp yang tidak terhubung atau tidak konek Internet?

Jika pada saat ini whatsapp anda sedang tidak terhubung atau tidak konek internet dan anda tidak mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan whatsapp yang tidak terhubung. Silahkan ikuti tutorial berikut ini :

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Terhubung atau Tidak Konek Internet
Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Terhubung atau Tidak Konek Internet

1. Gunakan koneksi internet yang stabil

Permasalahan whatsapp yang tidak terhubung atau tidak konek internet biasanya terjadi dikarenakan koneksi internet yang anda gunakan tidak stabil atau terlalu lambat. Sehingga, whatsapp tidak dapat mengirim dan menerima data dari server mereka. Jadi, silahkan anda gunakan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Nomor Diblokir Pihak Whatsapp (WA) dengan Mudah

2. Ganti jenis jaringan yang anda gunakan (WiFi/Data Seluler)

Jika pada saat ini jenis jaringan yang anda gunakan untuk membuka whatsapp adalah data seluler, silahkan coba ganti jaringan anda menjadi jaringan WiFi. Karena bisa jadi permasalahan whatsapp tidak terhubung disebabkan karena terdapat permasalahan pada jaringan yang anda gunakan. Lakukan juga sebaliknya.

3. Pastikan kuota internet masih tersedia dan WiFi sudah dibayar

Penyebab lain yang sering terjadi ketika whatsapp tidak bisa terhubung dan tidak bisa konek internet adalah kuota internet yang sudah habis atau WiFi yang belum dibayar. Terkadang kita tidak menyadari bahwa kuota internet yang kita gunakan sudah habis atau WiFi yang kita gunakan belum dibayar.

4. Aktifkan mode pesawat dan matikan kembali

Cara lain yang dapat anda gunakan untuk mengatasi whatsapp yang tidak terhubung atau tidak konek internet adalah dengan mengaktifkan mode pesawat HP anda untuk sementara waktu kemudian mematikannya kembali. Dengan melakukan hal tersebut, jaringan HP anda akan kerestart sehingga permasalahan jaringan akan teratasi.

5. Update aplikasi Whatsapp

Setelah mengatasi masalah jaringan, Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan untuk mengatasi whatsapp yang tidak konek internet adalah dengan mengupdate aplikasi whatsapp ke versi yang terbaru. Selain akan mendapatkan fitur-fitur terbaru dari whatsapp, bug-bug atau permasalahan yang ada di whatsapp juga akan teratasi. Misalnya permasalahan whatsapp tidak terhubung atau tidak konek internet.

6. Hapus data dan cache aplikasi Whatsapp

Aplikasi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti Whatsapp pasti memiliki file data dan cache yang cukup besar. Semakin sering sebuah aplikasi digunakan, maka semakin besar juga ukuran file tersebut. Jika sudah menumpuk terlalu banyak, file-file tersebut akan memberatkan aplikasi whatsapp sehingga menyebabkan aplikasi whatsapp tidak berjalan secara optimal.

Baca Juga :  Cara Mengubah Profil Bisnis di Whatsapp Bisnis dengan Mudah

7. Install ulang aplikasi Whatsapp

Jika setelah mengupdate aplikasi dan menghapus data & cache whatsapp anda masih tidak bisa terhubung dan tidak bisa konek di Internet, maka Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menginstall ulang aplikasi Whatsapp. Cara untuk melakukannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menguninstall lalu menginstall kembali aplikasi whatsapp.

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Terhubung atau Tidak Konek Internet
Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Terhubung atau Tidak Konek Internet

8. Gunakan aplikasi Whatsapp Original

Pada saat ini sudah banyak sekali jenis whatsapp MOD atau whatsapp GB yang beredar diluar sana dan tidak sedikit orang yang sudah menggunakannya. Hal tersebut dikarenakan di Whatsapp GB terdapat fitur-fitur yang tidak terdapat di whatsapp original. Akan tetapi, terdapat risiko ketika anda menggunakan whatsapp GB. Salah satunya adalah whatsapp anda menjadi tidak bisa terhubung.

9. Pastikan setelan tanggal dan waktu anda sudah sesuai

Dikarenakan whatsapp merupakan aplikasi mengirim pesan yang sifatnya real time, maka agar dapat berjalan dengan lancar, anda harus memastikan bahwa setelan tanggal dan waktu di HP anda sudah tepat. Untuk memastikan bahwa setelan tanggal dan waktu sudah benar, anda dapat menggunakan tanggal dan waktu yang disediakan jaringan.

10. Setting APN HP anda

Mungkin banyak dari anda yang belum tahu mengenai APN. Jadi APN adalah pengaturan titik akses yang menjembatani handphone agar dapat terkoneksi dengan internet. Untuk mengatur setelan, Anda dapat menempuh langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka “Setelan” pada smartphone Anda.
  • Pilih “Jaringan Seluler”.
  • Cari dan buka “APN”.
  • Lakukan pengaturan.
  • Selesai.

Perlu diingat untuk para pengguna provider apabila memanfaatkan paket data, APN untuk masing-masing kartu berbeda. Artinya apabila Anda menggunakan Telkomsel maka cari tahu APN Telkomsel serta bagaimana pengaturannya.

11. Aktifkan penggunaan data di Latar belakang

Sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya, agar tetap terhubung di internet, whatsapp harus mempunyai akses untuk menggunakan data dilatar belakang. Jadi ketika anda menutup aplikasi whatsapp, whatsapp masih bisa menerima pesan yang dikirmkan. Untuk mengaktifkan penggunaan data dilatar belakang, silahkan ikuti tutorial berikut ini :

  • Buka “Setelan” di HP Anda.
  • Cari dan pilih pengaturan “Aplikasi dan Notifikasi”.
  • Cari “WhatsApp”.
  • Pilih “Penggunaan Data”.
  • Ubah status “Data Latar Belakang” menjadi aktif.
  • Selesai.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Tidak Bisa Download Foto, Video, dan Audio

12. Restart HP anda

Ketika menggunakan sebuah HP, tidak jarang jika HP yang sedang kita gunakan mengelami error atau gangguan. Entah itu gangguan pada jaringan internet atau gangguan pada system HP kita. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda hanya perlu mematikan sementara HP anda atau melakukan restart pada HP anda.

13. Update OS HP anda

Selain permasalahan dari segi aplikasi, ternyata masalah whatsapp yang tidak bisa terhubung atau konek internet bisa juga disebabkan karena terdapat bug atau error pada OS yang anda gunakan. Untuk mengatasinya, silahkan pastikan bahwa OS android yang anda gunakan sudah versi yang paling baru.

14. Server whatsapp sedang gangguan atau down

Permasalahan whatsapp tidak bisa terhubung atau tidak konek bisa dikarenakan karena server whatsapp yang sedang down atau dalam proses perbaikan. Karena aplikasi sebesar whatsapp pasti memerlukan server yang besar juga. Maka tidak heran jika terkadang server mereka mengalami gangguan. Jika memang demikian, maka anda harus menunggu hingga server kembali normal.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi whatsapp tidak terhubung atau tidak konek internet. Terdapat banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan whatsapp tidak terhubung. Jadi untuk mengatasinya, anda harus menyesuaikan dengan faktor penyebabnya. Jika anda bingung, silahkan anda coba satu per satu tutorial diatas.

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai whatsapp lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara mematikan notifikasi kode keamanan telah berubah di whatsapp. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar