close

Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe – Hallo sobat koplo, Terdapat beberapa cara reset HP Xiaomi yang tersedia untuk pengguna. Anda dapat menggunakan alternatif cara reset HP Xiaomi yang dikembangkan secara khusus oleh produsen. Namun apabila cara-cara yang tersedia tidak dapat bekerja, Anda juga dapat menggunakan langkah alternatif yang tersedia dari sistem operasinya.

Kebutuhan reset HP Xiaomi dapat muncul dari beberapa situasi. Hal tersebut termasuk pada kondisi lupa password, PIN, dan pola kunci. Situasi tersebut membuat Anda tidak memiliki akses pada perangkat. Selain itu, kondisi error pada perangkat juga dapat menjadi alasan lain kebutuhan reset perangkat Xiaomi Anda.

Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Apa itu reset HP Xiaomi?

Reset HP Xiaomi merupakan istilah yang merujuk pada serangkaian proses mengatur ulang perangkat pada kondisi awal. Melalui rangkaian proses tersebut, Anda akan mengembalikan seluruh pengaturan perangkat lunak di dalam handphone. Pengembalian tersebut akan membuat smartphone berada seperti saat kondisi awal pembelian produk.

Dalam prosesnya, terdapat beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat melakukan prosedur reset HP Xiaomi. Pasalnya, proses reset HP Xiaomi akan berhubungan dengan data di dalam perangkat. Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan antara lain:

  • Dampak reset HP Xiaomi;
  • Alasan reset HP Xiaomi;
  • Manfaat reset HP Xiaomi;
  • Persiapan reset HP Xiaomi; dan
  • Cara reset HP Xiaomi.
Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Alasan Reset HP Xiaomi

Sebagai sebuah fitur yang dikembangkan oleh produsen dan sistem operasi, prosedur reset tentu memiliki tujuan dan alasan utama. Adapun beberapa situasi yang melatar belakangi prosedur reset antara lain:

  • Menghapus data dan informasi saat penjualan perangkat;
  • Mengembalikan akses saat lupa PIN, kata kunci, dan pola kunci;
  • Menghapus data untuk menghilangkan malware;
  • Mengatasi error program di dalam perangkat.

Dampak Reset HP Xiaomi

Proses reset HP Xiaomi akan membuat perangkat lunak kembali ke kondisi awal. Hal tersebut berarti Anda akan kehilangan seluruh data yang tersimpan di dalam perangkat. Data tersebut termasuk aplikasi, foto, gambar, video, dokumen, dan berbagai aplikasi yang sebelumnya telah terpasang. Sehingga Anda disarankan untuk melakukan pencadangan data apabila situasi memungkinkan.

Baca Juga :  Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di HP Xiaomi dengan Mudah

Anda juga dapat memanfaatkan layanan cloud seperti Akun MI dan Google Drive setelah proses reset HP Xiaomi. Layanan tersebut membantu Anda mengembalikan sejumlah data yang dicadangkan kembali ke dalam perangkat setelah proses reset. Sehingga Anda dapat melanjutkan penggunaan perangkat dengan kondisi yang lebih baik.

Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Manfaat Reset HP Xiaomi

Prosedur reset dapat membuat HP Xiaomi menghilangkan semua data yang tersimpan. Sehingga dapat melindungi data pribadi saat Anda ingin menjual perangkat ke pihak lain. Pengembalian kondisi ke versi awal juga membuat perangkat dapat diakses kembali. Hal tersebut dapat berguna saat Anda lupa kata sandi, PIN, dan pola kunci.

Selain itu, prosedur reset juga akan menghapus seluruh data di dalam perangkat. Proses ini membantu Anda menghilangkan virus dan malware yang mengganggu operasional perangkat. Langkah ini juga dapat menjadi solusi atas beberapa program yang error di dalam perangkat. Khususnya apabila situasi terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Persiapan Reset HP Xiaomi

Apabila memungkinkan, Anda disarankan melakukan pencadangan data penting sebelum proses reset HP Xiaomi. Anda juga mungkin akan membutuhkan perangkat sekunder dalam beberapa prosedur reset HP Xiaomi. Prosedur reset juga dapat berjalan lebih lancar dan ideal apabila Anda telah memiliki Akun MI yang terhubung dengan perangkat.

Cara Reset HP Xiaomi

Terdapat beberapa cara reset HP Xiaomi yang dapat Anda gunakan. Setiap proses memiliki keunggulan dan ketentuan teknis yang berbeda. Adapun beberapa alternatif cara reset HP Xiaomi yang dapat Anda ikuti antara lain:

  • Factory reset;
  • Hard reset;
  • MI Cloud; dan
  • Fastboot mode.

Cara reset HP Xiaomi lewat Factory Reset (Pengaturan)

Factory reset atau pengembalian pengaturan ke setelan pabrik merupakan opsi yang tersedia di dalam perangkat. Opsi ini dapat Anda akses tanpe memerlukan bantuan layanan pihak ketiga dan perangkat tambahan. Anda dapat melakukan proses ini secara mandiri.

Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Reset HP Xiaomi melalui Pengaturan

Adapun beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan factory reset adalah dengan mengikuti panduan berikut ini :

1. Nyalakan perangkat Xiaomi;
2. Buka menu “Setelan”;
3. Pilih opsi “Setelan Tambahan”;
4. Tekan pada menu “Cadangkan dan Setel Ulang”;
5. Pilih menu “Kembalikan ke Setelah Pabrik” pada opsi paling bawah;
6. Pada halaman detail, tekan pada tombol “Setel Ulang Telepon”;
7. Masukkan kata sandi dan tekan tombol “Oke”;
8. Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai.

Baca Juga :  Cara Reset iPhone ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Pada halaman “Setelan Tambahan”, Anda juga akan menemukan pengaturan untuk pencadangan data. Anda dapat mengatur detail pencadangan data yang tersedia di menu tersebut. Setelah proses reset berhasil, Anda dapat kembali ke menu tersebut agar data yang telah dicadangkan dapat digunakan kembali di dalam perangkat.

Cara reset HP Xiaomi melalui Hard Reset

Prosedur hard reset merupakan langkah pengembalian setelan dengan memanfaatkan fitur Android sebagai sistem operasi perangkat. Pada kondisi umum, Anda akan kehilangan seluruh data di dalam perangkat dengan prosedur ini. Namun data yang terdapat di memori eksternal akan tetap dapat Anda akses setelah proses reset.

Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara reset HP Xiaomi melalui Hard Reset

Adapun beberapa langkah hard reset yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengikut panduan berikut ini :

1. Matikan HP Xiaomi;
2. Akses menu Recovery dengan menekan dan tahan pada tombol daya serta volume naik;
3. Tahan beberapa saat hingga HP Xiaomi menyala dan mengarahkan ke halaman Recovery;
4. Pilih opsi bahasa yang tersedia menggunakan tombol volume naik dan turun;
5. Tekan tombol daya pada pilihan bahasa yang Anda kehendaki;
6. Pilih menu “Hard Reset” atau “Wipe Data”;
7. Tunggu proses reset selesai dan perangkat dapat Anda gunakan kembali.

Cara reset HP Xiaomi lewat Pemulihan MI Cloud

Opsi pemulihan dengan MI Cloud berbeda dengan dua prosedur reset sebelumnya. Pasalnya, Anda membutuhkan persiapan dalam proses ini. Anda harus terlebih dulu menghubungkan perangkat ke dalam Akun MI. Adapun proses persiapan ini dapat Anda lakukan dengan mengunjungi halaman account.xiaomi.com.

Di halaman tersebut, Anda dapat membuat Akun MI dan menggunakan fitur-fitur di dalamnya. Di dalam layanan Akun MI, Anda dapat mengatur perangkat yang terhubung dan melakukan pencadangan rutin dari perangkat ke dalam layanan MI Cloud yang tersedia. Fungsi ini akan mengamankan data Anda secara berkala.

Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara reset HP Xiaomi lewat MI Could

Layanan MI Cloud cocok Anda gunakan saat berganti perangkat. Sehingga Anda tidak perlu menyalin satu demi satu data yang tersedia di dalam perangkat lama. Namun fitur ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai prosedur reset. Adapun beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan proses ini antara lain:

Baca Juga :  Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa di Charge atau di Cas

1. Nyalakan perangkat Anda;
2. Buka menu “Pengaturan”;
3. Masuk ke opsi “Pengaturan Tambahan”;
4. Buka menu “Cadangkan dan Setel Ulang”;
5. Tekan opsi “Pulihkan dari MI Cloud”;
6. Pilih versi pencadangan data yang tersedia;
7. Tekan “Pulihkan dengan cadangan ini”;
8. Konfirmasi dengan menekan tombol “Pulihkan”;
9. Tunggu beberapa saat hingga proses pemulihan selesai.

Cara teset HP Xiaomi lewat Fastboot Mode

Istilah fastboot merujuk pada protokol dalam smartphone untuk mengosongkan informasi partisi. Protokol ini dikembangkan agar produsen atau layanan perbaikan dapat memperbarui firmware, pemulihan, dan instruksi lain yang dibutuhkan dalam perbaikan perangkat lunak smartphone.

Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Protokol fastboot akan mengembalikan perangkat agar dapat mengakses splash screen. Selain itu, Anda juga akan dapat mengembalikan versi Android dan menghapus data di dalam perangkat. Bahkan Anda dapat memformat seluruh sistem menjadi satu ruang kosong tanpa data di dalamnya. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikut beberapa langkah panduan berikut ini:

1. Matikan perangkat;
2. Tekan tombol daya dan volume bawah;
3. Tahan kombinasi tombol beberapa detik;
4. Anda akan mendapatkan tampilan fastboot;
5. Lakukan proses reset atau format sesuai kebutuhan;
6. Tunggu beberapa saat dan Anda akan mendapati perangkat dapat diakses kembali.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik semua tipe. Biasanya reset HP Xiaomi dilakukan untuk mengatasi problem atau error yang terjadi pada sistem HP. Misal HP terkena malware, lemot, suka ngehang, dan lain sebagainya. Dengan melakukan reset, HP anda akan menjadi seperti baru lagi.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Xiaomi lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Buka HP Xiaomi Lupa Password, PIN, dan Pola Semua Tipe. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar