Cara Agar Ukuran Video Hasil Export Alight Motion Tidak Terlalu Besar – Hallo sobat koplo, pada saat ini sudah banyak sekali aplikasi edit video yang dapat anda install dan gunakan melalui HP. Salah satu aplikasi yang sangat digemari oleh banyak editor adalah alight motion. Alight motion memiliki fitur yang sangat lengkap dan efek-efek yang sangat keren.

Selain memilki fitur yang lengkap dan efek yang keren, dengan aplikasi alight motion anda juga bisa membuat preset untuk project anda atau menggunakan preset dari orang lain. Dengan adanya preset tersebut, proses editing menjadi lebih cepat. Setelah selesai mengedit video menggunakan alight motion, langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah mengexport video.

Cara Agar Ukuran Video Hasil Export Alight Motion Tidak Terlalu Besar
Cara Agar Ukuran Video Hasil Export Alight Motion Tidak Terlalu Besar

 

Cara Agar Ukuran Video Hasil Export Alight Motion Tidak Terlalu Besar

Mengexport video adalah langkah untuk menjadikan file editan anda menjadi sebuah video yang bisa di lihat digaleri dan bisa dibagikan di sosial media seperti youtube, instagram, dan tiktok. IStilah export video juga sering disebut dengan merender video.

Permasalahan yang sering dikeluhkan oleh orang-orang ketika mengexport sebuah video adalah ukuran video hasil export yang terlalu besar. Terkadang, ukuran video hasil export menjadi sangat besar padahal durasi video hanya sebentar. Tentu hal tersebut akan membuat memori penyimpanan anda menjadi cepat penuh.

Lalu bagiamana cara agar hasil export video di alight motion menjadi tidak terlalu besar tanpa mengurangi resolusi video? Sebenarnya, ukuran video hasil export itu dipengaruhi banyak faktor. Apakah anda sudah mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ukuran video? Jika anda belum mengetahuinya, silahkan anda lakukan beberapa tips dibawah ini :

1. Kurangi durasi video

Durasi video memiliki efek yang sangat besar terhadap ukuran video. Semakin lama durasi video anda, maka semakin besar pula ukuran dari video anda. Oleh karena itu, ketika membuat video, usahakan tidak terlalu bertele-tele agar durasi video tidak terlalu panjang.

2. Kurangi resolusi export video

Selain durasi video, ternyata resolusi video juga mempengaruhi ukuran video. Apakah anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan resolusi video? Jadi resolusi video adalah aspek dari video yang menentukan tingkat kejernihan dari suatu video. Semakin tinggi resolusi video, maka semakin jernih juga video tersebut. Semakin rendah resolusi video, maka video juga akan semakin buram.

Hal tersebut juga berlaku terhadap ukuran video. Semakin tinggi resolusi dari video, maka semakin besar juga ukuran video. Semakin rendah resolusi video, maka semakin kecil juga ukuran video. Oleh karena itu, ketika mengexport suatu video, silahkan sesuaikan resolusi sesuai dengan kebutuhan anda.

3. Kurangi FPS (Frame per second)

Apakah anda sudah mengetahui apa itu FPS (Frmae per second) dalam sebuah video? Jadi secara sederhana, FPS adalah jumlah gambar dalam 1 detik video. Kita semua tahu bahwa video itu merupakan kumpulan dari gambar-gambar yang disatukan sehingga bisa tampak seperti bergerak. Tingkat kemulusan dari gerak tersebut dipengaruhi oleh FPS.

Semakin tinggi FPS suatu video, maka semakin smooth atau mulus juga gerakan di video. Jika anda menggunakan FPS yang tinggi, maka semakin banyak pula gambar yang digunakan per 1 detik video. Dengan semakin banyak gambar yang digunakan, maka semakin besar juga ukuran dari video. Jadi, agar ukuran video hasil export tidak telalu besar, jangan gunakan FPS yang terlalu tinggi.

4. Kurangi penggunakan efek dan media saat editing

Hal terkahir yang harus anda perhatikan agar hasil export video tidak terlalu besar adalah penggunaan efek dan media saat editing video. Penggunaan efek dan media yang berlebihan pada saat edit video akan mempengaruhi proses export. Editan yang menggunakan terlalu banyak efek dan media, akan menyebabkan proses export menjadi lebih lama dan hasil export menjadi berukuran besar. Oleh karena itu, gunakanlah efek dan media seperlunya.

Yak, kira-kira seperti itulah cara agar ukuran video hasil export di alight motion tidak terlalu besar. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi ukuran dari video, seperti durasi video, resolusi video, FPS, dan efek yang digunakan. Oleh karena itu pada saat edit video, silahkan anda atur keempat hal tersebut sesuai dengan kebutuhan anda saja. Jangan terlalu berlebihan.

Jika anda tertarik dengan tutorial alight motion lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara import preset alight motion dibawah 5MB dan XML. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close