close

Cara Membuat Pertanyaan di Google Form Wajib Diisi

Cara Membuat Pertanyaan di Google Form Wajib Diisi – Hallo sobat koplo, Seiring dengan perkembangan teknoologi, pada saat ini proses pembuatan form menjadi jauh lebih cepat dan lebih mudah. Dahulu ketika ingin membuat sebuah form, orang akan membuatnya di kertas dan mengedarkannya ke seluruh responden. Metode pembuatan form seperti itu tentu tidak efektif dan akan memakan waktu yang lama.

Akan tetapi pada saat ini, anda dapat membuat Form dengan menggunakan Google Form. Google Form merupakan layanan Google yang dapat anda gunakan untuk membuat form secara onlin. Terdapat banyak jenis form yang dapat anda buat melalui Google Form seperti form absensi, form evaluasi, kuisioner, form pendaftaran, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Pertanyaan di Google Form Wajib Diisi
Cara Membuat Pertanyaan di Google Form Wajib Diisi

Cara Membuat Pertanyaan di Google Form Wajib Diisi

Ketika anda membuat sebuah Form, pasti anda menginginkan semua pertanyaan atau pernyataan yang anda tuliskan didalam form tersebut mendapatkan jawaban dari responden. Karena memang tujuan dari pembuatan form adalah mengumpulkan data dan jawaban dari responden yang sudah anda tentukan. Ketika sebuah form tidak bisa mengumpulkan data dan jawaban, maka bisa dibilang maksud dari pembuatan form tersebut telah gagal.

Baca Juga :  Cara Membagikan Link/Share Link Google Form dengan Mudah

Biasanya, ketika orang-orang diminta untuk mengisi sebuah form, banyak orang yang malas untuk melakukannya. Bahkan banyak pertanyaan yang sengaja tidak dijawab. Hal tersebut tentu akan merugikan anda sebagai pemilik form. Lalu apa yang harus anda lakukan agar setiap pertanyaan atau pernyataan yang anda buat di form mendapatkan jawaban dari responden?

Mengenai hal tersebut anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena Google Form sudah menyediakan fitur dimana anda dapat mengatur pertanyaan mana yang wajib diisi dan pertanyaan mana yang tidak wajib diisi. Ketika anda mengatur pertanyaan menjadi wajib diisi, maka mau tidak mau, responden harus mengisi pertanyaan tersebut agar bisa menyelesaikan pengisian form.

Baca Juga :  Cara mengatasi Google Form Tidak Menerima Jawaban Lagi

Dengan mengaktifkan fitur wajib diisi, setiap pertanyaan yang anda tuliskan di Google Form pasti akan mendapatkan jawaban dari responden. Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara mengatur agar pertanyaan di Google Form wajib diisi oleh responden? Ketika pertanyaan dikosongi, maka responden tidak akan bisa melanjutkan pengisian form.

Jika anda belum mengetahui bagaimana cara untuk mengatur agar pertanyaan wajib diisi di Google Form, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mengatur pertanyaan agar menjadi wajib diisi oleh responden. Untuk tutorialnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Pertama, silahkan anda buat form terlebih dahulu di https://docs.google.com/forms/u/0/
2. Setelah itu, silahkan klik tanda + untuk membuat formulir baru

Cara Membuat Pertanyaan di Google Form Wajib Diisi
Buat form baru

3. Setelah berhasil membuat formulir Baru, silahkan anda masuk ke tab Pertanyaan dan buat pertanyaan anda

Cara Membuat Pertanyaan di Google Form Wajib Diisi
Cara Membuat Pertanyaan di Google Form Wajib Diisi

4. Untuk membuat pertanyaan tersebut menajdi wajib diisi, silahkan anda aktifkan button “Wajib Diisi” yang berada dibawah pertanyaan

Baca Juga :  Cara Membuat Absensi di Google Form dengan Mudah
Cara Membuat Pertanyaan di Google Form Wajib Diisi
Cara Membuat Pertanyaan di Google Form Wajib Diisi

5. Setelah mengaktifkan Wajib Diisi, sekarang pertanyaan tersebut tidak bisa dikosongi oleh responden. Silahkan anda aktifkan button “Wajib Diisi” dipertanyaan-pertanyaan yang menurut anda wajib diisi.
6. Pertanyaan yang wajib diisi ditandai dengan adanya tanda bintang berwarna merah disamping pertanyaan.

Cara Membuat Pertanyaan di Google Form Wajib Diisi
Tanda pertanyaan wajib diisi

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk membuat pertanyaan di Google Form menjadi wajib diisi. Setelah form selesai dibuat, pertanyaan yang wajib diisi akan ditandai dengan tanda bintang merah. Sekarang, semua responden harus menjawab pertanyaan tersebut agar bisa menyelesaikan pengisian form. Tidak akan ada lagi pertanyaan yang tidak ada jawaban.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Google Form lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Membuat Absensi di Google Form dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar