close

Cara Mengaktifkan Pesan Otomatis di Whatsapp Bisnis

Cara Mengaktifkan Pesan Otomatis di Whatsapp Bisnis – Hallo sobat koplo, semakin dengan berkembangan teknologi, pada saat ini sudah banyak usaha yang dijalankan melalui sistem online. Usaha-usaha offline sedikit demi sedikit sudah mulai di tinggalkan. Hal tersebut dikarenakan, pada saat ini sudah banyak platform yang mampu mendukung usaha online berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah whatsapp bisnis.

Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa whatsapp hanyalah aplikasi messenger yang digunakan untuk mengirim pesan dan membuat panggilan. Baru sedikit pengguna whatsapp yang mengetahui bahwa pada saat ini aplikasi whatsapp sudah bisa dipakai untuk menjalankan bisnis. Yaitu dengan menggunakan aplikasi whatsapp bisnis.

Cara Mengaktifkan Pesan Otomatis di Whatsapp Bisnis
Cara Mengaktifkan Pesan Otomatis di Whatsapp Bisnis

Cara Mengaktifkan Pesan Otomatis di Whatsapp Bisnis

Aplikasi whatsapp bisnis memiliki fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh aplikasi whatsapp biasa. Fitur tersebut dinamai dengan fitur bisnis. Di fitur bisnis ini, anda dapat mengatur berbagai hal seperti membuat katalog, membuat profil bisnis anda, dan membuat pesan otomatis.

Dalam artikel kali ini, saya akan membahas lebih detail mengenai membuat pesan otomatis di whatsapp bisnis. Hal tersebut dikarenakan sebuah pesan otomatis sangat penting sekali bagi anda yang menjalankan bisnis secara online. Ketika menjalankan bisnis online, customer hanya dapat berkomunikasi dengan anda melalui fitur chat.

Baca Juga :  Cara Menyembunyikan Info di Profil Whatsapp (WA) dari Kontak Tertentu

Sebagai pemilik bisnis, kita tidak bisa memprediksi jam berapa customer akan mengechat atau mengirimkan pesan terhadap anda. Jika pesan yang dikirimkan oleh customer tersebut tidak mendapatkan respon dalam waktu yang cepat, kebanyakan customer akan langsung membatalkan niatnya untuk membeli produk atau menggunakan jasa anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, aplikasi whatsapp bisnis menyediakan fitur balas otomatis. Dengan adanya fitur tersebut, anda bisa mengatur jawaban otomatis ketika ada customer baru  yang mengirimkan pesan kepada anda. Jawaban yang dikirimkan pun juga sangat cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama, sehingga tidak akan membuat customer menunggu.

Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk membuat pesan otomatis di whatsapp bisnis? Jika anda belum mengetahuinya, silahkan ikuti tutorial berikut ini :

1. Pertama, silahkan buka whatsapp bisnis di HP anda

Cara Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Bisnis
Buka aplikasi whatsapp bisnis

2. Setelah itu, silahkan klik titik tiga dipojok kanan atas dan masuk ke menu Fitur Bisnis

Baca Juga :  Cara Melihat Statistik Chat di Whatsapp Bisnis
Cara Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Bisnis
Masuk ke fitur bisnis

3. Pada menu fitur bisnis, silahkan anda masuk ke menu Salam

Cara Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Bisnis
Masuk ke menu salam

4. Setelah masuk di menu salam, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan fitur salam. Setelah itu, silahkan anda isi pesan salam yang akan dikirimkan secara otomatis ketika ada pelanggan baru yang mengirimkan pesan dan pilih penerimanya.

Cara Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Bisnis
Aktifkan menu salam dan isi pesan otomatisnya

5. Setelah semua sudah disetting, silahkan anda tekan simpan

Cara Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Bisnis
Simpan

6. Selamat, anda sudah berhasil mengaktifkan fitur pesan otomatis di whatsapp bisnis. Sekarang apabila ada pelanggan baru atau pelanggan lama yang sudah tidak pernah chat dalam 14 hari terakhir, pesan otomatis tersebut akan otomatis dikirim.

Hal-hal yang harus anda ketahui tentang pesan otomatis di Whatsapp Bisnis

Pesan otomatis di whatsapp bisnis ini pada dasarnya merupakan pesan salam atau pembuka jika ada customer baru yang menghubungi anda melalui whatsapp bisnis. Dengan membuat pesan otomatis dari pesan salam, pelanggan anda akan merasa dilibatkan dan merasa disambut oleh anda. Hal tersebut tentu akan mengarah pada tingkat kepuasan pelanggan pada layanan yang anda berikan.

Baca Juga :  Apa Itu Fitur Toast Online di Whatsapp GB? Apa Fungsi dan Kegunaannya?

Pesan otomatis ini hanya akan dimunculkan ketika ada pelanggan baru yang menghubungi anda atau pelanggan lama yang sudah lebih dari 14 hari tidak melakukan chat dengan anda. Dengan anda mengaktifkan fitur ini, secara otomatis anda akan selalu melibatkan pelanggan dalam percakapan.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk membuat pesan otomatis di whatsapp bisnis. Dengan adanya mengaktifkan fitur pesan otomatis pada whatsapp bisnis anda, pesan yang dikirimkan oleh pelanggan anda akan secara otomatis terbalas meskipun anda tidak sedang memegang HP anda. Yang penting, HP anda selalu dalam keadaan terkoneksi internet.

Jika anda tertarik dengan tutorial whatsapp bisnis lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Mengatur Balas Pesan Otomatis Saat Diluar Jam Kerja di Whatsapp Bisnis. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar