close

Cara Mengatasi Akun Instagram Dikunci Sementara dengan Mudah

Cara Mengatasi Akun Instagram Dikunci Sementara dengan Mudah – Hallo sobat koplo, memiliki sebuah akun Instagram merupakan hal yang sudah biasa bagi semua orang. Karena pada saat ini hampir semua orang sudah memiliki akun Instagram. Bahkan, ada orang yang memiliki akun Instagram lebih dari 1. Mereka memiliki banyak akun Instgaram bukan tanpa alasan. Biasanya mereka menggunakan akun Instagram untuk berbisnis.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, pada saat ini sudah banyak sekali orang-orang yang memanfaatkan Instagram sebagai sarana berbisnis mereka. Jadi, Instagram bukan hanya dijadikan sebagai media sosial saja, melainkan bisa juga dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan uang tambahan. Apakah anda sendiri juga demikian?

Cara Mengatasi Akun Instagram Dikunci Sementara dengan Mudah
Cara Mengatasi Akun Instagram Dikunci Sementara dengan Mudah

Cara Mengatasi Akun Instagram Dikunci Sementara dengan Mudah

Maka tidak heran jika Instagram bisa menjadi salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak didunia. Bahkan pada saat ini jumlah orang yang mendownload aplikasi Instagram sudah lebih dari 1 miliar orang. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang sangat banyak untuk ukuran aplikasi mobile.

Dikarenakan banyaknya pengguna aktif aplikasi Instagram, pihak Instgaram harus memperketat keamanan dari akun-akun Instagram. Pihak instagram tidak segan-segan untuk membatasi, mengunci, bahkan memblokir secara permanen akun-akun yang dinilai melanggar kebijakan yang telah dibaut oleh pihak instagram.

Biasanya, sanksi yang diberikan oleh pihak Instagram kepada pengguna yang melakukan pelanggaran pedoman komunitas disesuaikan dengan jenis dan frekuensi pelanggaran yang dilakukan. Sebuah akun yang baru melakukan pelanggaran sekali dan sifat pelanggaran tidak terlalu berat, maka hukuman yang diberikan juga tidak terlalu berat. Misalnya pembatasan dalam waktu 1×24 jam.

Lalu bagi pengguna yang telah melakukan pelanggaran berulang kali dan tingkat pelanggaran yang dilakukan tergolong berat, hukuman yang diberikan oleh pihak Instagram juga pasti akan lebih berat. Akun tersebut bisa saja dikunci oleh pihak Instagram. Bahkan yang paling parah, akun tersebut bisa langsung diblokir secara permanen oleh pihak Instgaram.

Cara Mengatasi Akun Instagram Dikunci Sementara dengan Mudah
Cara Mengatasi Akun Instagram Dikunci Sementara dengan Mudah

Penyebab akun Instgaram dikunci sementara

Selain dibatasi dan diblokir secara permanen, ternyata pihak Instagram juga dapat mengunci sebuah akun Instagram. Biasanya sebuah akun Instagram akun dikunci ketika akun tersebut melakukan aktivitas login terlalu sering atau login diaplikasi pihak ketiga atau web pishing.
Berikut adalah notifikasi ketika akun Instgaram anda dikunci :

Baca Juga :  Cara Mengatasi Efek Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda dengan Mudah

Akun anda sudah dikunci untuk sementara

Kami mendeteksi aktivitas mencurigakan di akun Instagram anda dan sudah menguncinya untuk sementara waktu sebagai tindakan pengamanan.

Akun anda kemungkinan dibobol karena anda memasukkan kata sandi di situs web yang dirancang agar terlihat seperti instagram. Serangan ini dikenal sebagai pishing.

Pada beberapa langkah selanjutnya, kami akan meminta anda untuk memverifikasi identitas guna membantu mengamankan akun anda dan mengizinkan anda masuk kembali.

Cara Mengatasi Akun Instagram Dikunci Sementara dengan Mudah
Cara Mengatasi Akun Instagram Dikunci Sementara dengan Mudah

Dari peringatan yang diberikan oleh pihak Instagram diatas, dapat disimpulkan bahwa penyebab akun Instagram dikunci adalah sebagai berikut :

1. Anda memasukkan username dan password di web pishing

Salah satu penyebab utama dari akun Instgaram dikunci sementara dikarenakan anda memasukkan username dan password di web pishing. Web pishing merupakan web yang didesain sama persis dengan Instgaram untuk mendapatkan data username dan password para pengguna instgaram.

Biasanya web pishing akan meniru secara persis tampilan dari halaman yang akan dipishing dan akan membeli domain yang mirip dengan domain aslinya. Sehingga para korban pishing tidak akan sadar bahwa mereka sedang dijebak.

2. Anda memasukkan username dan password di aplikasi pihak ketiga

Pada saat ini banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang membutuhkan data login Instagram agar bisa masuk ke aplikasi. Biasanya aplikasi-aplikasi tersebut seperti aplikasi untuk melihat unfollower Instagram atau aplikasi untuk melihat postingan instagram yang di private.

Banyak pengguna Instagram yang menganggap aplikasi tersebut aman untuk digunakan. Akan tetapi sebenarnya, pemilik aplikasi tersebut dapat mengetahui username dan password yang anda ketikkan di form login buatan mereka.

3. Terlalu banyak salah memasukkan kata sandi

Ketika ingin login ke Akun Instagram, anda akan diminta untuk memasukkan username dan kata sandi akun anda. Ketika username dan kata sandi tersebut salah, pihak Instagram tidak membiarkan anda masuk ke akun.

Terlalu banyak salah dalam memasukkan username dan kata sandi bisa menyebabkan akun instagram dikunci. Hal tersebut dikarenakan pihak Instagram akan mendeteksi tindakan tersebut adalah upaya untuk membobol akun Instagram. Jadi pihak instagram langsung mengunci akun untuk mengamankannya.

4. Login di banyak device

Instagram memang memperbolehkan sebuah akun login di lebih dari 1 perangkat selama jumlah tersebut masih dalam jumlah yang wajar. Ketika sebuah akun login dibanyak tempat secara sekaligus, pihak instagram tentu akan langsung mencurigai hal tersebut.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram dengan Mudah

Terlebih lagi jika akun Instagram tersebut aktif dibanyak device sekaligus. Normalnya seseorang hanya akan aktif disatu device saja. Ketika sebuah akun aktif dibanyak device, pihak instagram akan mencurigai ada orang lain yang mengakses akun anda, sehingga akun anda dikunci untuk sementara waktu.

5. Melakukan aktivitas mencurigakan di Instgaram

Seperti yang telah kita ketahui bersama, pihak instagram sangat ketat dalam menjaga komunitasnya. Terlebih lagi pada aktivitas-aktivitas yang dianggap mencurigakan. Aktivitas tersebut meliputi :

  • Follow dan unfollow orang terlalu banyak dalam waktu singkat
  • Memberikan like terlalu banyak dalam waktu singkat
  • Memberikan komentar terlalu banyak dalam waktu singkat
  • Mengirimkan pesan DM ke banyak orang dalam waktu singkat
  • Dan aktiviatas-aktivitas terindikasi SPAM lainnya

Cara Mengatasi Akun Instagram Dikunci Sementara dengan Mudah

Setelah mengetahui apa yang menyebabkan akun Instagram di kunci sementara, sekarang anda dapat mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi sebuah akun Instagram yang dikunci sementara. Akan tetapi jika anda belum mengetahuinya, maka anda tidak perlu khawatir.

https://www.bloggerkoplo.com/cara-melihat-arsip-instagram-orang-lain/
https://www.bloggerkoplo.com/cara-melihat-arsip-instagram-orang-lain/

Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi akun Instagram di Blokir sementara. Untuk tutorialnya, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini :

1. Segera verifikasi identitas anda

Ketika akun Instagram anda diblokir oleh pihak Instagram, maka segera laporkan permasalahan tersebut ke pihak Instagram. Untuk melakukan verifikasi identitas, silahkan anda buat laporan melalui pusat bantuan aplikasi Instagram atau anda juga bisa mengeklik “Lanjutkan” pada notifikasi akun instgaram dikunci. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Instagram, lalu tulis username akun Instagram milik Anda.
  • Klik Lupa kata sandi, lalu tekan tombol Butuh bantuan lainnya.
  • Klik Coba cara lain, pilih kode login dikirim ke nomor ponsel atau email yang tidak bisa saya akses.
  • Tekan menu Berikutnya, kemudian Anda bisa pilih Ya saya memiliki foto diri saya di akun Saya.
  • Klik Berikutnya, lalu masukkan alamat email baru yang saat ini Anda gunakan.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim Instagram ke alamat email baru Anda.
  • Setelah itu Anda akan diminta mengirimkan video selfie, Anda hanya perlu mengikuti arahan yang muncul.
  • Klik tombol Kirim Video, lalu Anda tunggu sampai Instagram memprosesnya.
  • Instagram akan mengirimkan pesan ke email baru Anda untuk mengganti password.
Baca Juga :  Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instgaram dengan Mudah

2. Jangan pernah menggunakan aplikasi pihak ketiga

Untuk menjaga agar akun Instgaram tidak dikunci sementara oleh pihak Instagram. Jangan sekali kali anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menggunakan login akun Instagram. Seperti aplikasi auto like, auto follow, cek unfollower dan lain sebagainya.

3. Pastikan anda login di halaman instagram yang benar

Pada saat ini banyak sekali web-web pishing diluar sana yang memiliki tampilan sama persis dengan aslinya. Oleh karena itu sebelum anda mengetikkan username dan password akun Instgaram di suatu situs, pastikan terlebih dahulu bahwa situs tersebut merupakan situs resmi bukan web pishing.

4. Jangan login dibanyak device

Terlalu banyak login di banyak device juga mengakibatkan akun Instgaram anda dicurigai oleh pihak Instgaram. Pihak instagram akan menganggap bahwa akun anda sedang dibuka oleh orang lain. Jadi, setelah login Instagram di perangkat lain, jangan lupa untuk langsung melogout akun dari perangkat tersebut setelah selesai digunakan.

5. Jangan terlalu banyak salah ketika memasukkan kata sandi

Instgaram memiliki sistem keamanan yang sangat ketat terhadap suatu akun. Apabila suatu akun melakukan percobaan login beberapa kali dan tidak berhasil, pihak Instgaram akan menganggap kegiatan tersebut sebagai kegiatan pembobolan akun. Biasanya pihak instagram akan langsung mengunci akun tersebut sebagai tindakan pengamanan.

6. Hindari aktivitas-aktivitas yang mencurigakan

Pihak instagram juga membatasi aktivitas-aktivitas tertentu yang dilakukan oleh penggunanya. Aktivtias tersebut merupakan aktivitas yang terindikasi SPAM. Seperti melakukan follow, like, komentar, dan mengirimkan pesan terlalu cepat. Jadi, agar akun anda tidak dicurigai, jangan lakukan hal tersebut terlalu cepat.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi akun Instagram dikunci sementara waktu. Penguncian tersebut bertujuan untuk mengamankan akun anda dari tindakan hacking atau pishing. Karena pihak instgaram terlah mendeteksi anda melakukan login di web pishing.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Instgaram lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Melihat Arsip Instagram Orang Lain dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar