close

Cara Mengatasi Capcut Error dengan Mudah

Cara Mengatasi Capcut Error dengan Mudah – Hallo sobat koplo, Belakangan ini aplikasi edit video melalui HP menjadi cukup populer dikalangan masyarakat, terutama di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan banyak munculnya sosial media yang isi kontennya berupa video-video berdurasi pendek. Seperti Tiktok dan Instagram. Dengan adanya sosial media tersebut, kebutuhan edit video menjadi lebih banyak, karena para pengguna harus mengedit terlebih dahulu sebelum mempostingnya.

Beruntungnya, pada saat ini sudah banyak aplikasi edit video melalui HP yang dapat anda gunakan secara gratis, seperti Alight Motion, Kinemaster, Power Director, dan Capcut. Masing-masing aplikasi edit video tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, silahkan anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda. Kalau saya sendiri lebih senang mengedit video menggunakan Capcut.

Cara Mengatasi Capcut Error dengan Mudah
Cara Mengatasi Capcut Error dengan Mudah

Cara Mengatasi Capcut Error dengan Mudah

Aplikasi capcut merupakan aplikasi edit video melalui HP yang cukup mudah untuk digunakan. Bahkan untuk pemula sekalipun. Yang menjadi kelebihan dari aplikasi Capcut adalah adanya fitur template dimana anda dapat menggunakannya secara gratis. Dengan adanya fitur template, proses edit video anda menjadi lebih cepat dan mudah. Karena anda hanya perlu mengganti foto dan video bawaan template dengan foto dan video anda sendiri.

Selain menggunakan template yang sudah tersedia di aplikasi Capcut, anda juga bisa mengedit sendiri secara manual. Cara ini mungkin cocok bagi anda yang sudah export dalam menggunakan Capcut. Tapi jika anda masih belum terlalu mahir seperti saya, maka lebih baik gunakan template yang tersedia saja.

Meskpun sudah memiliki banyak pengguna aktif, pihak pengembang aplikasi Capcut masih terus melakukan pembaruan untuk menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug-bug yang anda. Karena ketika mengedit video menggunakan Capcut, masih banyak pengguna yang mengalami gangguan atau error. Seperti :

  • Aplikasi capcut sering keluar sendiri
  • Aplikasi capcut lag
  • Template tidak muncul
  • Aplikasi capcut tidak ada koneksi Internet
  • Tidak bisa menggunakan fitur tertentu
  • Dan lain sebagainya.

Sebagai pengguna Capcut, apakah anda sudah pernah mengalami error ketika mengedit sebuah video? Jika sudah pernah apakah anda mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya? Jika anda belum mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi aplikasi capcut error, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mengatasinya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Baca Juga :  Cara Mengatasi File Tidak Didukung di Capcut dengan Mudah
Cara Mengatasi Capcut Error dengan Mudah
Cara Mengatasi Capcut Error dengan Mudah

1. Update aplikasi Capcut ke versi terbaru

Seperti yang telah saya terangkan diatas, aplikasi Capcut masih terus melakukan pembaruan untuk menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug atau error yang ada. Jika pada saat ini aplikasi capcut yang anda gunakan mengalami error, maka silahkan update aplikasi capcut anda ke versi terbaru agar bug atau error yang terjadi dapat diperbaiki. Berikut adalah tutorial update aplikasi capcut :

  • Buka aplikasi Playstore atau AppStore
  • Cari aplikasi Capcut
  • Klik update
  • Silahkan tunggu hingga proses update selesai

2. Hapus data dan cache aplikasi Capcut

Setiap aplikasi yang terinstall di HP anda pasti memiliki file data dan cache yang tersimpan di memori penyimpanan Internal HP anda. Jika dibiarkan terus menerus, data dan cache tersebut akan semakin banyak dan akan memberatkan aplikasi. Hal itu mengakibatkan aplikasi Capcut tidak berjalan secara normal dan akan banyak mengalami error. Oleh karena itu, silahkan bersihkan data dan cache aplikasi capcut secara berkala. Berikut adalah tutorialnya :

  • Silahkan buka Pengaturan di HP anda
  • Masuk ke pengaturan Aplikasi
  • Cari aplikasi Capcut
  • Silahkan klik Hapus data dan Cache
  • Selesai

3. Install ulang aplikasi Capcut

Jika setelah memperbarui aplikasi dan menghapus data/cache aplikasi, eror yang terjadi pada aplikasi Capcut anda masih tidak bisa diperbaiki, maka langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan menginstall ulang aplikasi Capcut. Karena error yang terjadi pada aplikasi Capcut bisa saja disebabkan karena aplikasi Capcut tidak terinstall dengan sempurna. Jadi anda harus menginstall ulang aplikasi Capcut. Berikut tutorialnya :

  • Silahkan hapus atau uninstall aplikasi Capcut di HP anda
  • Masuk ke aplikasi Playstore atau Appstore
  • Cari aplikasi Capcut
  • Klik Install
  • Tunggu proses download selesai
Baca Juga :  Cara Menandai dan Manghapus Beat Lagu di Capcut dengan Mudah

4. Pastikan koneksi Internet yang anda gunakan lancar

Aplikasi capcut merupakan aplikasi edit video yang dapat anda gunakan secara online maupun offline. Jika anda ingin mengedit video menggunakan template, maka anda harus mengedit video secara online. Karena anda harus mendownload terlebih dahulu template yang ingin anda gunakan.

Jika koneksi yang anda gunakan mengalami gangguan, hal itu mengakibatkan aplikasi capcut mengalami error. Berikut adalah beberapa tips mengenai jaringan yang dapat anda lakukan agar capcut tidak error :

  • Pasikan sinyal data seluler atau WiFi anda penuh
  • Pastikan kuota anda masih mencukupi
  • Pastikan WiFi anda sudah dibayar
  • Coba restart terlebih dahulu HP anda
  • Hidupkan dan matikan kembali mode pesawat
  • Cari jaringan di ruangan terbuka
  • Coba ganti koneksi jaringan yang anda gunakan

5. Perangkat yang anda gunakan tidak memenuhi spesifikasi minimum

Sebuah aplikasi edit video seperti Capcut memiliki kriteria spesifikasi minimum perangkat yang diperlukan agar aplikasi capcut dapat berjalan dengan lancar. Misalnya spesifikasi minimum agar dapat menginstall aplikasi Capcut adalah HP dengan ram 2GB. Maka jika HP yang anda gunakan memiliki RAM kurang dari 2GB, hal itu mengakibatkan aplikasi Capcut tidak berjalan dengan lancar dan mengalami error. Jadi silahkan anda ganti perangkat yang anda gunakan.

Cara Mengatasi Capcut Error dengan Mudah
Cara Mengatasi Capcut Error dengan Mudah

6. Restart HP anda terlebih dahulu

Gangguan atau error yang terjadi pada suatu aplikasi tidak selalu disebabkan karena ada bug atau kesalaha pada aplikasi. Bisa juga permasalahan tersebut disebabkan karena sistem HP anda yang mengalami gangguan atau error. Untuk mengatasinya, silahkan anda restart HP anda atau matikan kemudian hidupkan lagi.

7. Kosongkan memori penyimpanan HP anda

Seperti yang telah kita ketahui bersama, aplikasi Capcut merupakan aplikasi edit video yang dapat anda gunakan di HP. Aplikasi edit video seperti capcut pasti memerlukan space di memori internal anda untuk menyimpan project yang anda gunakan. Jika memori internal HP anda sudah penuh, aplikasi capcut akan mengalami error karena tidak bisa menyimpan project. Jadi silahkan anda kosongkan memori penyimpanan HP anda dengan cara pindahkan file ke perangkat lain atau hapus file yang tidak perlu.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Capcut Sering Keluar Sendiri dengan Mudah

8. Kosongkan Ram HP anda

Aplikasi edit video seperti Capcut memerlukan RAM yang besar juga ketika digunakan. RAM yang terlalu kecil mengakibatkan aplikasi Capcut tidak berjalan dengan lancar dan mengalami error. Terutama pada saat merender atau export video editan anda. Oleh karena itu, silahkan kosongkan RAM HP anda sebelum anda membuka capcut dengan cara menutup aplikasi lain atau menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan.

9. Server capcut Down

Dikarenakan aplikasi capcut dapat diakses secara online, maka dapat dipastikan bahwa aplikasi Capcut juga memiliki sever yang cukup besar untuk menyimpan template-template yang dipublish diaplikasi Capcut. Apabila server capcut mengalami gangguan/down/atau sedang maintenance, maka Capcut akan mengalami error. Jika demikian, satu-satunya cara yang dapat anda lakukan adalah menunggu hingga server Capcut normal kembali.

10. Laporkan error ke pihak Pengembang

Jika setelah melakukan beberapa cara diatas error yang terjadi pada aplikasi Capcut HP anda masih belum bisa teratasi, langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah melaporkan permasalahan pada pihak pengembang apikasi Capcut. Anda dapat melaporkannya melalui menu “laporkan masalah”. Harapannya setelah melaporkan permasalahan tersebut, pihak capcut akan memperbaikinya di update berikutnya.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi error pada aplikasi capcut dengan mudah. Error yang terjadi pada aplikasi Capcut adalah hal yang sering terjadi. Jadi anda tidak perlu terlalu khawatir menganai hal tersebut. Untuk mengatasinya, silahkan coba beberapa langkah diatas.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang Capcut lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Membuat Template di Capcut dengan Mudah. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar