Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status Foto atau Video di Whatsapp (WA)

Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status Foto atau Video di Whatsapp (WA)

Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status Foto atau Video di Whatsapp – Hallo sobat koplo, aplikasi whatsapp merupakan aplikasi perpesanan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan jarak jauh dengan cepat dan murah. Selain mengirimkan pesan berupa teks, diaplikasi whatsapp anda juga mengirimkan pesan dalam bentuk foto, video, dan audio. Selain digunakan untuk mengirim pesan, anda juga dapat melakukan panggilan telepon dan melakukan video call.

Meskipun sudah memiliki fitur yang cukup lengkap, akan tetapi whatsapp terus saja melakukan penambahan fitur-fitur baru. Salah satu fitur yang dapat anda gunakan di Whatsapp adalah membuat status. Jadi, selain digunakan untuk mengirim pesan dan menelepon, ternyata di aplikasi whatsapp anda juga bisa membuat status berupa foto, video, atau tulisan saja.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status Foto atau Video di Whatsapp
Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status Foto atau Video di Whatsapp

 

Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Status Foto atau Video di Whatsapp

Jika anda sudah lama menggunakan aplikasi Whatsapp, pasti anda sudah pernah membuat status berupa foto atau video. Dengan adanya fitur status di whatsapp, antar pengguna bisa saling berbagi kabar melalui status atau sekedar memberi tahu orang lain tentang apa yang sedang dilakukan. Ada berbagai macam orang dalam membuat status, ada yang membuat status kata-kata bijak, lelucon, pesan-pesan baik, atau hal-hal lainnya.

Akan tetapi, pernahkah anda mengalami error atau kesalahan pada saat membuat sebuah status di Whatsapp. Hal tersebut menyebabkan anda tidak bisa membuat status whatsapp. Tentu anda akan merasa kesal jika tidak bisa membuat status di Whatsapp. Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya? Jika belum, silahkan anda coba beberapa tips berikut ini :

Restart HP anda

Langah pertama yang harus anda lakukan ketika mengalami eror di sebuah aplikasi adalah merestart HP anda terlebih dahulu. Biasanya sistem HP tidak akan bekerja secara optimal apabila sudah terlalu lama tidak dimatikan atau direstart. Bisa jadi penyebab tidak bisa membuat status di whatsapp itu dikarenakan HP anda yang terlelu lama tidak dimatikan atau direstart sehingga sistem tidak berjalan dengan lancar.

Ganti atau restart koneksi Internet yang anda gunakan

Jika setelah merestart HP, anda tetap tidak bisa membuat status di Whatsapp, maka anda harus mengecek koneksi internet yang anda gunakan. Karena untuk membuat status di whatsapp, anda memerlukan data yang lumayan besar. Jadi silahkan anda ganti koneksi anda (bisa menggunakan kartu lain, wifi, atau pergi ke tempat yang banyak sinyal) atau merestart koneksi internet dengan cara menyalakan mode pesawat dan mematikannya kembali.

Pastikan foto atau video anda tidak corrupt

Kita semua tahu bahwa sebuah file yang kita simpan bisa saja tiba-tiba corrupt dan menjadi tidak bisa dibuka. Hal tersebut disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah proses download atau transfer file tersebut yang tidak sempurna. Jika foto atau video yang ingin anda buat sebagai status itu corrupt, maka sudah dapat dipastikan anda tidak akan bisa membuat status menggunakan foto atau video tersebut.

Pastikan memori penyimpanan anda masih ada ruang kosong

Ketika membuat status di whatsapp, baik itu status foto atau video, maka foto atau video tersebut juga akan tersimpan di memori penyimpanan anda pada folder “Whatsapp Media”. Oleh karena itu, agar bisa membuat status di Whatsapp, anda harus mengosongkan sebagaian memori penyimpanan anda dengan cara menghapus file-file yang sudah tidak anda gunakan.

Perbaru aplikasi whatsapp ke versi yang terbaru

Semua aplikasi pasti akan mengalami pembaruan pada waktu-waktu tertentu. Tujuan dari pembaruan tersebut adalah untuk menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug-bug yang ada. Jika anda tidak bisa membuat status di whatsapp, bisa jadi karena anda belum mengupdate aplikasi whatsapp anda ke versi yang terbaru.

Hapus cache aplikasi Whatsapp

File cache merupakan file sampah dari suatu aplikasi yang sudah tidak digunakan. Semakin sering aplikasi tersebut digunakan, maka semakin besar juga file cache dari aplikasi tersebut. Jika file cache tersebut tidak dibersihkan secara berkala, maka aplikasi tersebut menjadi sangat berat dan proses menjadi lambat. Oleh karena itu, agar semua fitur-fitur whatsapp dapat berjalan dengan optimal, silahkan anda hapus semua file cache yang ada di aplikasi whatsapp.

Hapus data aplikasi whatsapp

Jika setelah menghapus file cache dari aplikasi whatsapp anda tetap tidak bisa membuat status, silahkan anda coba untuk menghapus seluruh data dari aplikasi whatsapp. Dengan menghapus semua data, maka seluruh data dan media dari aplikasi whatsapp akan tersebut. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencadangkan semua chat anda terlebih dahulu.

Paksa berhenti dan buka kembali aplikasi whatsapp

Selain menghapus semua data, anda juga dapat klik paksa berhenti pada aplikasi whatsapp. Ketika anda mengeklik paksa berhenti, maka aplikasi whatsapp akan diberhentikan sepenuhnya dari sistem anda. Setelah itu, silahkan buka kembali aplikasi whatsapp anda dan coba untuk membuat sebuah status baru.

Install ulang aplikasi whatsapp

Langkah terakhir yang wajib anda coba jika semua langkah-langkah diatas tidak berhasil adalah menginstall ulang aplikasi whatsapp. Dengan menginstall ulang aplikasi whatsapp, maka whatsapp anda akan terinstall lagi secara sempurna. Cara install ulang aplikasi whatsapp sangatlah mudah. Anda hanya perlu menguninstall aplikasi whatsapp dan mendownloadnya kembali melalui playstore.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi tidak bisa membuat status foto dan video diaplikasi Whatsapp. Ada banyak sekali penyebab yang mengakibatkan anda tidak bisa membuat status di Whatsapp. Jika anda bingung untuk mengatasinya, anda bisa coba satu per satu dari langkah diatas.

Jika anda tertatik dengan trik dan trik whatsapp lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara mengatasi whatsapp tidak bisa download foto, video, dan audio. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close