Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Sering Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Sering Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Sering Keluar Sendiri – Hallo sobat koplo, dengan kemajuan teknologi, sekarang kita dapat mengirimkan pesan jarak jauh dengan sangat cepat, mudah, dan murah. Dahulu, cara orang-orang berkomunikasi jarak jauh hanyalah dengan surat menyurat. Akan tetapi, pada saat ini, sudah banyak sekali aplikasi komunikasi jarak jauh yang sudah tersedia. Salah satunya adalah whatsapp. Aplikasi perpesanan dengan jumlah pengguna yang sangat banyak.

Whatsapp menjadi aplikasi perpesanan yang cukup digemari oleh orang-orang dikarenan fitur-fitur yang dimilikinya sangatlah lengkap. Anda dapat mengirimkan sebuah pesan, melakukan panggilan, membuat sebuah status, bergabung ke dalam sebuah grup, dan lain sebagainya. Meskipun fitur-fitur yang dimiliki sangat lengkap, data yang digunakan oleh whatsapp juga sangat murah. Jadi, anda tidak memerlukan kuota yang banyak.

Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Sering Keluar Sendiri
Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Sering Keluar Sendiri

 

Cara Mengatasi Whatsapp (WA) Sering Keluar Sendiri

Dikarenakan kelebihan-kelebihan tersebut, aplikasi whatsapp menjadi aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Bahkan hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan whatsapp sebagai sarana komunikasi mereka. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Untuk menyempurnakan aplikasi whatsapp, pihak developer selalu melakukan pembaruan terhadap aplikasi. Tujuannya adalah untuk menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug-bug yang ada. Akan tetapi meskipun demikian, terkadang masih terdapat error atau kesalahan yang terjadi di whatsapp. Salah satunya adalah whatsapp sering keluar sendiri.

Sebagai pengguna whatsapp, apakah anda sudah pernah mengalami whatsapp sering keluar sendiri. Pasti anda akan merasa jengkel jika sedang ingin chat dengan orang lain, tiba-tiba aplikasi whatsapp anda keluar sendiri.

Jika pada saat ini anda sedang mengalami permasalahan tersebut, maka anda tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi whatsapp yang sering keluar sendiri. Berikut akan tutorial nya :

1. Update aplikasi ke versi terbaru

Jika aplikasi whatsapp yang anda gunakan mengalami error atau kesalahan seperti whatsapp sering keluar sendiri. Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan update aplikasi whatsapp ke versi terbaru.

Biasanya dengan menggunakan aplikasi versi terbaru, bug-bug yang ada diaplikasi sudah di perbaiki oleh developer, sehingga aplikasi whatsapp tidak akan keluar sendiri.

2. Hapus data dan cache aplikasi Whatsapp

Sebuah aplikasi yang terinstall di HP pasti memiliki file data dan cache yang tersimpan dimemori HP anda. Semakin sering sebuah aplikasi digunakan, maka data dan cache aplikasi akan semakin banyak dan mengakibatkan sebuah aplikasi menjadi berat.

Oleh karena itu, untuk memastikan aplikasi whatsapp yang terinstall di HP anda berjalan dengan normal. Anda harus membersihkan data dan cache aplikasi secara berkala agar tidak menumpuk di memori HP anda.

3. Install ulang aplikasi Whatsapp

Jika setelah melakukan dua hal diatas whatsapp anda masih sering keluar sendiri, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan install ulang aplikasi whatsapp. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menguninstall aplikasi whatsapp lalu menginstallnya kembali.

Dengan melakukan install ulang, maka segala kerusakan yang ada diaplikasi akan teratasi. Karena bisa saja whatsapp yang sering keluar sendiri disebabkan karena aplikasi whatsapp tidak terinstall secara sempurna di sistem HP anda.

4. Paksa berhenti dan buka kembali

Sebuah aplikasi yang sering keluar kembali ketika dibuka bisa juga disebabkan karena aplikasi yang tidak terbuka secara sempurna. Untuk mengatasinya anda hanya perlu menutup aplikasi whatsapp dan membukanya kembali setelah beberapa saat.

Jika anda belum mengetahui bagaimana cara untuk menutup aplikasi whatsapp, anda hanya perlu membuka pengaturan aplikasi whatsapp, lalu mengeklik menu Paksa Berhenti pada pengaturan tersebut. Dengan begitu, aplikasi whatsapp akan berhenti sepenuhnya.

5. Kosongkan RAM HP anda

Agar dapat berjalan secara maksimal, aplikasi memerlukan RAM yang memadai di HP anda. Apabil RAM yang tersedia di HP anda terlalu minim atau terlalu sedikit, aplikasi tidak akan berjalan dengan lancar. Hal tersebut bisa mengakibatkan aplikasi whatsapp sering keluar sendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus mengosongkan RAM HP anda dengan cara menutup aplikasi lain yang sedang berjalan ketika membuka whatsapp. Dengan begitu, seluruh RAM di HP anda akan difokuskan pada aplikasi whatsapp.

6. Gunakan koneksi Internet yang stabil

Whatspp merupakan aplikasi perpesanan yang sangat bergantung pada internet agar dapat berjalan dengan maksimal. Apabila koneksi internet yang anda gunakan terlalu lambat, aplikasi whatsapp tidak akan berfungsi dengan baik sehingga error atau kesalahan bisa saja terjadi.

Untuk mengatasinya, anda bisa bisa mengganti koneksi internet yang anda gunakan. Misal menggunakan WiFi atau berganti provider lain. Anda juga dapat mencari sinyal di tempat terbuka agar sinyal yang ditangkap HP anda menjadi lebih maksimal.

7. Pastikan masih terdapat ruang kosong di penyimpanan anda

Di aplikasi whatsapp, anda dapat mengirimkan sebuah gambar, suara, bahkan sebuah video. Media-media tersebut nantinya akan didownload dan tersimpan di memori penyimpanan HP anda. Jadi untuk memastikan aplikasi whatsapp dapat berjalan dengan lancar, anda harus menyediakan ruang kosong di memori penyimpanan HP anda.

Jika pada saat ini memori penyimpanan HP anda sudah penuh, anda dapat mengosongkannya dengan cara menghapus file-file yang sudah tidak terpakai dan menghapus aplikasi-aplikasi yang memang sudah tidak anda gunakan.

8. Restart HP anda

Aplikasi whatsapp yang sering keluar sendiri bisa juga disebabkan karena terjadinya error pada sistem HP anda. Jika error tersebut memang disebababkan karena sistem HP anda yang error, maka cara mengatasinya sangat mudah, anda hanya perlu mematikan atau merestart HP anda terlebih dahulu.

Biasanya dengan merestart HP, segala error atau kesalahan yang ada disistem HP akan teratasi. Jika sistem HP anda berjalan dengan normal, maka seharusnya aplikasi-aplikasi yang terpasang di HP anda juga berjalan dengan normal.

Yak, kira-kira seperti itulah cara mengatasi whatsapp yang sering keluar sendiri. Permasalahan aplikasi sering keluar sendiri memang sering terjadi dan hampir semua orang sudah pernah mengalaminya. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir. Karena anda dapat mengatasinya dengan malakukan cara-cara ditas.

Jika anda tertarik dengan tutorial mengenai whatsapp lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara mengganti tanggapan emoji (Whatsapp Reaction) di Whatsapp. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close