close

Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe – Hallo sobat koplo, Vivo merupakan salah satu produk smartphone asal Tiongkok yang cukup populer di Indonesia. Terdapat berbagai seri Vivo yang beredar di pasaran. Seperti berbagai brand dan tipe smartphone lainnya, Vivo juga memiliki mekanisme reset ke setelan pabrik. Mekanisme tersebut tersedia melalui beberapa prosedur yang Anda gunakan.

Meski cukup jarang dilakukan, mekanisme reset merupakan kebutuhan yang umum perlu tersedia di dalam perangkat. Mekanisme reset HP Vivo tidak perlu melibatkan tenaga profesional atau jasa dengan biaya mahal. Anda dapat melakukannya secara mandiri dengan mengikuti beberapa panduan di dalam artikel ini.

Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Apa itu Reset HP Vivo?

Mekanisme reset HP Vivo merupakan serangkaian proses yang akan mengembalikan kondisi firmware ke pengaturan awal. Dengan melakukan prosedur reset, pengguna akan mendapatkan perangkat dengan firmware seperti saat pertama kali smartphone Anda beli. Proses tersebut memiliki sejumlah manfaat yang berguna bagi Anda.

Namun prosedur reset juga bukan merupakan opsi yang dapat Anda lakukan tanpa alasan dan pertimbangan. Pasalnya, terdapat berbagai risiko yang muncul apabila Anda melakukan reset HP Vivo tanpa persiapan dan pertimbangan. Salah satu risiko terbesarnya terdapat dalam akses data dan informasi Anda.

Alasan dan Manfaat Reset HP Vivo

Terdapat berbagai pertimbangan yang membuat Anda perlu melakukan reset HP Vivo. Namun secara umum Anda dapat memanfaatkan fungsi pengembalian kondisi firmware yang terdapat dalam prosedur reset. Mekanisme tersebut memungkinkan Anda memulihkan sistem operasi dan data firmware lainnya apabila mengalami kerusakan.

Selain itu, prosedur reset juga akan menghapus semua data selain firmware. Sehingga proses tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mengosongkan data dari perangkat atau mengeliminasi malware yang terdapat di dalamnya. Adapun manfaat dan alasan prosedur reset di HP Vivo dapat Anda temukan dalam ulasan berikut.

Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe

1. Membersihkan Malware dan Virus

Seperti penjelasan awal, proses reset akan menghapus seluruh data selain firmware di dalam perangkat. Proses tersebut juga akan mengeliminasi seluruh aplikasi dan program, termasuk malware dan virus yang terdapat di dalam perangkat. Langkah tersebut dapat menjadi pintasan apabila malware tidak bisa Anda atasi dengan langkah-langkah umum.

Aplikasi dan program berbahaya yang terdapat di dalam perangkat tentu akan berisiko tinggi apabila tetap dibiarkan di dalam perangkat. Sementara proses penghapusannya dapat berjalan cukup sulit tanpa proses reset. Namun Anda tetap lebih disarankan melakukan pencegahan agar situasi serupa tidak terulang.

2. HP Lemot

Kondisi HP lemot dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk malware, virus, dan perangkat yang mengalami kelebihan beban kerja. Situasi-situasi tersebut dapat terjadi apabila Anda tidak melakukan perawatan dan pembersihan data secara berkala. Namun data dan aplikasi yang sudah terlanjur bertumpuk di dalam perangkat juga tentu akan sulit dihapus satu per satu.

Apabila situasi tersebut terjadi, Anda dapat melakukan prosedur reset pada HP Vivo. Dengan proses tersebut, Anda akan mendapati perangkat yang kembali memiliki cukup ruang kosong. Setelahnya, Anda dapat memasang aplikasi sesuai kebutuhan. Selain itu, Anda juga dapat menghapus secara berkala data-data yang tidak terlalu penting.

Baca Juga :  Cara Reset HP Realme ke Setelan Pabrik Semua Tipe

3. Lupa Kata Sandi (Password) dan Pola Kunci

Perangkat smartphone terkini tentu memiliki fitur kunci dan privasi yang dapat Anda gunakan. Dengan fitur tersebut, Anda dapat membatasi orang yang dapat mengakses perangkat. Termasuk mencegah pencurian data pribadi apabila perangkat smartphone Anda hilang. Sehingga Anda dapat lebih tenang dalam menggunakan smartphone di aktivitas sehari-hari.

Namun fitur tersebut juga terkadang memiliki risiko bagi pengguna utamanya. Sebab Anda bisa saja lupa dengan kata sandi dan pola kunci yang terdapat dalam pengaturan. Kondisi tersebut akan membuat Anda tidak bisa menggunakan smartphone. Salah satu solusi yang tersedia bagi Anda adalah prosedur reset.

Dengan melakukan reset, Anda akan mengembalikan perangkat smartphone ke pengaturan awal. Pada kondisi tersebut, smartphone Anda tidak akan memiliki pengaturan kunci, kata sandi, dan pola. Sehingga Anda dapat menggunakan kembali perangkat setelah proses reset berjalan. Namun terdapat risiko kehilangan data yang dapat terjadi.

4. Penjualan Perangkat

Saat berencana menjual perangkat, tentu Anda tidak ingin data pribadi dan berbagai informasi di dalam smartphone ikut berpindah tangan ke pihak lain. Sehingga Anda perlu menghapus data-data pribadi dan informasi penting lainnya dari perangkat. Namun proses penghapusan secara manual akan memakan waktu yang cukup lama.

Anda justru dapat memanfaatkan prosedur reset agar data dalam perangkat terhapus secara keseluruhan. Dengan begitu, Anda dapat menghemat banyak waktu dalam prosesnya. Anda juga dapat mengulang beberapa prosedur reset untuk memastikan seluruh data telah terhapus. Hal tersebut dapat menjamin keamanan informasi Anda.

5. Sistem Error

Berbagai perangkat smartphone dapat mengalami kondisi sistem error. Hal tersebut dapat terjadi akibat kesalahan pengelolaan data, malware, kesalahan update firmware, dan berbagai kondisi lainnya. Apabila kerusakan tersebut tidak Anda atasi, maka perangkat tidak akan dapat digunakan sementara waktu.

Salah satu cara termudah mengatasi kerusakan sistem tersebut adalah dengan melakukan reset pada HP Vivo Anda. Dengan prosedur reset, Anda akan mengembalikan kondisi firmware pada versi awal. Solusi ini juga dapat Anda tempuh untuk mengatasi kondisi bootloop yang terjadi pada HP Vivo Anda.

Persiapan Sebelum Reset

Apabila melakukan prosedur reset secara mandiri, maka Anda akan memerlukan beberapa persiapan. Beberapa hal ini perlu Anda lakukan agar tidak mengalami kehilangan data dan informasi penting. Selain itu, kesalahan proses dan persiapan reset dapat membuat Anda mengulang beberapa proses yang akan memakan banyak waktu.

Sejumlah persiapan berhubungan dengan pencadangan data, kontak, dan pengkondisian perangkat agar tetap berjalan dengan baik selama proses reset. Adapun beberapa hal yang harus Anda perhatikan antara lain:

  • Pencadangan data (file backup);
  • Cadangan Kontak (contact backup);
  • Daya perangkat.
Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe

1. File Backup

Proses reset tentu juga akan menghapus data yang terdapat dalam perangkat Anda. Namun hal tersebut tidak berarti Anda harus kehilangan data tanpa memiliki opsi. Secara umum, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencadangkan data. Salah satunya dengan memaksimalkan layanan cloud storage seperti Google Drive.

Anda dapat melakukannya dengan mengakses menu “Setting” di HP Vivo. Lalu Anda harus mengarahkan pada detail “Backup & Reset” untuk menemukan fitur pencadangan dengan layanan Google Drive. Selain itu, Anda juga dapat memindahkan data penting ke perangkat lain seperti komputer atau laptop.

Baca Juga :  Cara Reset HP Lenovo ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Proses reset hanya akan mengeliminasi seluruh data yang tersimpan di memori penyimpanan lokal. Sehingga Anda dapat melakukan pencadangan apabila memiliki ruang penyimpanan eksternal seperti microSD dan perangkat lain. Data pada ruang tersebut tidak akan terhapus selama prosedur reset.

2. Pencadangan Kontak

Selain informasi berbentuk file, Anda juga tentu memiliki banyak kontak yang tersimpan di dalam perangkat smartphone. Kehilangan data kontak tentu akan menyulitkan aktivitas dan komunikasi. Khususnya apabila Anda berada dalam rutinitas yang pada. Sehingga kontak tersebut juga perlu Anda cadangkan agar tidak terhapus permanen dari smartphone.

Untuk kebutuhan ini, Anda dapat menggunakan layanan Google Contacts untuk melakukannya. Layanan Google Contacts terhubung secara otomatis dengan Akun Google yang terpasang di HP Vivo Anda. Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan antara lain:

  • Buka aplikasi “Google”;
  • Pilih “Setelan untuk Aplikasi Google”;
  • Tekan pada “Sinkronisasi Kontak Google”;
  • Pilih menu “Sinkronisasi Kontak Perangkat”;
  • Tekan pada opsi “Otomatis Cadangkan & Sinkronkan Kontak Perangkat”;
  • Lalu aktifkan “Otomatis Cadangkan & Sinkronkan Kontak Perangkat”;
  • Tunggu beberapa saat proses sinkronisasi berjalan;
  • Proses selesai.

3. Daya Baterai

Proses reset dapat berjalan dalam waktu yang berbeda-beda. Hal tersebut akan mengacu pada kondisi firmware dan jumlah data yang tersimpan di dalam perangkat. Umumnya proses reset dapat berjalan dalam waktu singkat. Namun beberapa kondisi dapat membuat proses berulang dan berjalan sedikit lebih lama.

Dalam prosesnya, HP Vivo Anda tentu harus dalam keadaan menyala. Sehingga faktor daya baterai menjadi krusial dalam rutinitas ini. Pastikan Anda telah mengisi daya yang cukup sebelum memulai proses reset. Beberapa tipe HP Vivo juga tidak mengizinkan Anda memulai proses reset apabila daya tidak mencukupi.

Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Terdapat beberapa alternatif cara reset HP Vivo yang dapat Anda gunakan. Alternatif-alternatif tersebut hadir untuk kondisi yang berbeda. Terutama pada perbedaan kerusakan sistem dan penggunaan perangkat. Di dalamnya, terdapat beberapa opsi yang juga memungkinkan Anda melalukan pencadangan data.

Beberapa cara yang umum dalam melakukan reset HP Vivo antara lain:

  • Menu pengaturan yang tersedia apabila HP Vivo masih dapat menyala dengan normal;
  • Recovery mode untuk HP Vivo yang mengalami kerusakan firmware dan umumnya tidak dapat mengakses halaman depan serta menu pengaturan;
  • Kode dial untuk proses reset dengan tujuan dasar penghapusan data dan aplikasi; serta
  • Find My Device untuk melakukan reset jarak jauh pada perangkat yang hilang.

Cara Reset HP Vivo dari Menu Pengaturan

Proses reset HP Vivo dari menu pengaturan merupakan opsi dengan langkah-langkah paling ideal. Cara ini dapat Anda lakukan dengan mudah dan tanpa bantuan pihak lain. Anda juga akan memiliki kesempatan melakukan backup pada data dan kontak secara lebih proporsional. Sebab cara ini hanya dapat Anda lakukan apabila HP Vivo masih bisa menyala.

Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Reset dari pengaturan

Beberapa langkah reset HP Vivo dari menu “Pengaturan” adalah :

  • Buka menu “Pengaturan”;
  • Tekan pada opsi menu “Sistem”;
  • Pilih “Opsi pemulihan”;
  • Tekan pada pilihan “Hapus seluruh data” atau “Pemulihan ke setelan pabrik”;
  • Konfirmasi dan tekan opsi “Hapus semua data”;
  • Tekan kembali pada “Hapus semua data”;
  • Tunggu beberapa saat hingga HP Vivo melakukan reboot mandiri.
  • Proses selesai.
Baca Juga :  Cara Reset iPhone ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Cara Reset HP Vivo dari Recovery Mode

Apabila HP Vivo Anda tidak dapat menyala dengan benar atau mengalami bootloop, tentu fungsi dasar smartphone tidak dapat berjalan dengan semestinya. Pada kondisi ini, Anda tidak dapat melakukan reset melalui menu pengaturan. Sehingga alternatif lain yang dapat Anda tempuh adalah melalui Recovery Mode.

Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Adapun cara melakukan reset HP Vivo dari Recovery Mode, antara lain:

  • Matikan HP Vivo Anda;
  • Nyalakan kembali dan akses Recovery Mode dengan menekan tombol daya serta volume atas;
  • Tahan kombinasi tombol tersebut beberapa saat;
  • Anda akan mengarah ke Recovery Mode;
  • Gunakan tombol volume untuk memilih opsi yang tersedia;
  • Pilih dan konfirmasi opsi dengan tombol daya;
  • Temukan opsi “Wipe data” dan konfirmasi pilihan;
  • Di halaman lanjutan, pilih kembali “Wipe Data”;
  • Konfirmasi proses dan tunggu beberapa saat;
  • Proses reset telah selesai.

Cara Reset HP Vivo dari Kode Dial

Kode dial Vivo merupakan kombinasi angka dan simbol yang dapat Anda gunakan untuk melakukan prosedur reset pada perangkat. Cara ini dapat Anda tempuh apabila perangkat masih dapat menyala dengan baik dan tidak mengalami bootloop. Namun sebelum melakukan reset dengan metode ini, pastikan Anda telah melakukan pencadangan data yang diperlukan.

Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Pastikan Anda berhati-hati dalam menggunakan fitur ini. Adapun beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai reset dengan kode dial adalah:

  • Nyalakan HP Vivo Anda;
  • Buka aplikasi “Panggilan”;
  • Tekan kombinasi “*#*#7780#*#*”;
  • Konfirmasi kode tersebut;
  • Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai.

Cara Reset HP Vivo dari Find My Device

Layanan Find My Device merupakan fitur yang berkembang untuk produk Android. Fasilitas ini memiliki tujuan utama untuk menunjukkan lokasi perangkat Anda. Khususnya pada situasi Anda merasa kehilangan. Di dalamnya, Anda akan menemukan informasi lokasi terakhir perangkat Anda berada. Namun fasilitas ini tidak menjamin Anda menemukan HP Vivo yang hilang.

Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Vivo ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Pada kondisi perangkat tidak lagi dapat ditemukan, Anda masih memiliki opsi melindungi data pribadi dengan melakukan reset. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Siapkan komputer atau laptop;
  • Akses halaman berikut (https://www.google.com/android/find?u=0);
  • Pilih menu “Erase Device”;
  • Konfirmasi pilihan;
  • Tekan “Erase Device” sekali lagi;
  • Tunggu beberapa saat.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk reset HP Vivo semua tipe dengan mudah. Dengna melakukan reset, HP Vivo anda akan kembali seperti baru lagi karena semua isi yang ada di HP akan di reset ke setelan pabrik. Biasanya reset dilakukan ketika HP mengalami error atau anda ingin melakukan penjualan HP.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang reset HP lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik Semua Tipe. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar