close

Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik Semua Tipe – Hallo sobat koplo, Samsung merupakan salah satu brand smartphone terpopuler di Indonesia. Lebih dari 25% pengguna smartphone di Indonesia memilih brand Samsung sebagai perangkat utama pada tahun 2019 lalu. Maka tidak heran apabila Samsung terus berinovasi dan memiliki berbagai dukungan terbaik bagi penggunanya.

Setiap perangkat smartphone Samsung memiliki prosedur reset yang tertanam di dalam firmware-nya. Prosedur reset hadir untuk menjadi solusi berbagai kebutuhan, khususnya dalam aspek aplikasi dan sistem operasi. Prosesnya juga dapat Anda jalankan dengan mudah, bahkan dapat Anda lakukan dengan mengikuti panduan singkat berikut.

Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Apa itu Reset HP Samsung?

Prosedur reset pada HP Samsung merupakan serangkaian mekanisme yang berfungsi mengembalikan software pada kondisi semula. Proses ini khususnya hanya berjalan bagi firmware atau perangkat lunak dengan akses read-only. Di dalamnya termasuk sistem operasi dan versi Android yang Anda gunakan.

Proses reset tidak akan mempertahankan data, aplikasi, dan informasi lain di dalam perangkat. Sehingga setelah proses reset, seluruh data tersebut tidak akan tersedia lagi di dalam perangkat. Kondisi tersebut sering dimanfaatkan pemiliki HP Samsung untuk menghilangkan malware di dalam perangkat dan beberapa tujuan lainnya.

Alasan dan Manfaat Reset HP Samsung

Dalam hal firmware, prosedur reset HP Samsung akan mengembalikan kondisi ke setelan awal. Sehingga Anda akan mendapatkan perangkat dengan performa firmware yang normal. Langkah ini dapat Anda tempuh untuk mengatasi kerusakan sistem operasi, kegagalan update, dan berbagai kondisi lainnya.

Dalam aspek data dan aplikasi, prosedur reset akan menghilangkan data dalam perangkat. Langkah ini menjadi solusi dari perangkat yang terinfeksi malware atau program berbahaya lainnya. Sebab dengan prosedur reset, seluruh serangan tersebut akan hilang secara otomatis. Adapun detail ulasan tentang alasan dan manfaat reset HP Samsung adalah sebagai berikut :

Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Alasan dan manfaat reset HP samsung ke setelan pabrik

1. Membersihkan Malware

Malware merupakan perangkat lunak yang dikembangkan dengan tujuan destruktif pada perangkat atau pengguna. Beberapa versi malware dengan dampak ringan biasanya dapat menyebabkan perangkat membuka iklan secara berulang dan memasang aplikasi lain tanpa izin. Dalam kondisi lanjutan, beberapa malware bahkan dapat mengakses data pribadi dan berpotensi disalahgunakan.

Meski terdapat kondisi ringat, malware tetap akan mengganggu performa perangkat dan rutinitas di HP Samsung Anda. Salah satu cara menghilangkan malware secara permanen adalah dengan melakukan reset pada perangkat Samsung Anda. Langkah tersebut akan menghilangkan seluruh data non-sistem, termasuk malware.

2. HP Samsung Lemot

Meski termasuk brand yang populer dan berkualitas, HP Samsung juga dapat mengalami penurunan performa. Hal tersebut dapat disebabkan beberapa faktor, termasuk malware, minimnya kapasitas penyimpanan, terlalu banyak aplikasi berjalan, dan berbagai situasi lainnya. Sehingga Anda perlu melakukan tindakan agar perangkat dapat berjalan normal kembali.

Baca Juga :  Cara Reset HP Oppo ke Setelan Pabrik Semua Tipe dengan Mudah

Prosedur reset dapat menjadi solusi Anda dalam mengatasi perangkat atau HP Samsung yang lemot. Langkah reset akan mengurangi potensi kesalahan penghapusan data sistem yang berisiko memperparah kondisi perangkat. Selain itu, prosedur reset juga cenderung lebih singkat apabila dibandingkan dengan penghapusan data secara manual.

3. Lupa Kata Sandi atau Pola

Dalam perkembangannya, setiap perangkat Android akan memiliki fitur pembatasan akses pada pengguna asing. Sehingga data pribadi dan privasi setiap pengguna dapat terlindungi. Pembatasan tersebut dikelola melalui kata sandi dan pola yang Anda tentukan pada pengaturan. Hal tersebut juga berlaku pada perangkat Samsung.

Namun Anda tentu memiliki potensi lupa kata sandia tau pola pada perangkat. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor seperti HP Samsung yang lama tidak Anda gunakan atau kata sandi yang tertukar. Prosedur reset akan membuat sistem kembali ke format awal, sehingga Anda dapat mengatur ulang kata sandi apabila dibutuhkan.

4. Penjualan HP Samsung

Apabila memiliki rencana menjual HP Samsung, Anda disarankan menghapus seluruh data penting di dalam perangkat. Data tersebut termasuk kontak, gambar, PIN layanan finansial, dan berbagai informasi lainnya. Tujuannya tentu agar informasi pribadi dan data Anda tidak berpindah tangan ke pihak lain, khususnya pemilik perangkat selanjutnya.

Prosedur reset dapat memenuhi kebutuhan tersebut dalam waktu singkat. Anda akan menghapus semuda data dalam perangkat kecuali firmware. Langkah tersebut tentu lebih efisien dibandingkan dengan proses penghapusan manual. Sehingga perangkat akan tampil seperti baru dan tidak merekam data apapun milik Anda di dalamnya.

5. Sistem Error

Pada beberapa kondisi, Anda bisa juga mengalami situasi sistem error di HP Samsung. Hal tersebut dapat terjadi akibat sejumlah kemungkinan, antara lain:

  • Kegagalan update;
  • Kerusakan sistem operasi;
  • Kesalahan penghapusan data;
  • Serangan malware;
  • Kesalahan pemberian izin.

Prosedur reset akan membantu mengembalikan sistem operasi dan berbagai data firmware lainnya dengan baik. Setelah Anda mengikuti prosedurnya pada perangkat, smartphone akan tersedia kembali untuk digunakan dalam beberapa menit. Beberapa perangkat membutuhkan prosedur pemulihan setelah prosedur reset.

Hal yang perlu disiapkan sebelum Reset HP Samsung

Prosedur reset umum berjalan hanya dalam hitungan menit. Namun selama prosedur tersebut, HP Samsung Anda tidak akan dapat digunakan sementara. Sedangkan seluruh data di dalam perangkat juga akan hilang secara permanen. Sehingga Anda perlu melakukan beberapa persiapan dasar agar proses ini dapat berjalan lebih lancar.

Mempersiapkan beberapa hal berikut akan membantu prosedur berjalan sesuai estimasi waktu yang ideal. Selain itu, persiapan lain juga akan membuat Anda terhindar dari kegagalan akibat kendala minor. Sehingga Anda terhindar dari resiko untuk harus melakukan reset sesuai panduan berulang-ulang. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut.

Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik Semua Tipe

1. Backup Data terlebih dahulu

Prosedur reset akan menghilangkan seluruh data non-sistem. Hal tersebut termasuk data gambar, galeri, video, aplikasi, kata sandi, dan berbagai format data lainnya. Hal tersebut tentu tidak berdampak cukup baik apabila Anda menyimpan data pribadi, pekerjaan, pembelajaran, hingga bisnis. Sehingga Anda perlu melakukan backup data.

Baca Juga :  Cara Reset HP Lenovo ke Setelan Pabrik Semua Tipe

Proses backup data dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan layanan Google Drive. Adapun beberapa panduannya antara lain:

  • Nyalakan HP Samsung Anda;
  • Buka aplikasi “Setelan”;
  • Pilih opsi “Google”;
  • Tekan pada tombol “Cadangan”;
  • Pilih opsi akun yang sesuai;
  • Tekan “Cadangkan Sekarang”;
  • Tunggu beberapa saat.

2. Backup Kontak

Proses backup data hanya akan mencadangkan data berbentuk dokumen, galeri, dan berbagai format file lainnya. Sementara info kontak tidak akan tersedia pada cadangan data umum. Apabila detail kontak Anda hilang setelah proses reset, hal tersebut tentu akan sangat merepotkan. Sehingga Anda perlu melakukan backup pada kontak.

Agar dapat mencadangkan kontak dengan aman sebelum menjalankan prosedur reset, Anda dapat memanfaatkan layanan Google Contacts. Layanan tersebut tersedia di setiap Android melalui aplikasi Contacts. Adapun tata cara pencadangan data kontak Anda adalah:

  • Nyalakan HP Samsung Anda;
  • Akses aplikasi “Pengaturan”;
  • Tekan pada opsi “Akun”;
  • Pilih Akun Google yang terhubung;
  • Checklist pada bagian “Contacts”.

Anda dapat melakukan sinkronisasi kontak pada perangkat untuk memastikan seluruh detail informasi memiliki cadangan data. Pastikan juga Anda menggunakan email yang sama setelah prosedur reset berjalan.

3. Daya Baterai

Estimasi waktu yang dibutuhkan dalam prosedur reset berbeda-beda pada setiap perangkat. Hal tersebut akan mengacu pada kondisi perangkat sebelum prosedur reset dan pencadangan data yang Anda lakukan. Di saat bersamaan, tentu saja HP Samsung Anda harus dalam keadaan menyala selama seluruh prosedur berjalan.

Sehingga Anda harus memastikan bahwa daya baterai dalam keadaan yang cukup. Sebab prosedur reset yang terhambat akibat perangkat mati atau kekurangan daya dapat membuat kondisi HP Samsung tidak dapat digunakan sementara waktu. Sehingga Anda harus mengulang semua langkah reset apabila hal tersebut terjadi.

Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik semua tipe

Terdapat setidaknya tiga cara reset yang dapat Anda gunakan pada HP Samsung. Perbedaan cara tersebut akan sangat menyesuaikan dengan kondisi perangkat dan performa yang Anda alami. Pembeda utama prosedur tersebut khususnya terletak pada akses fitur dasar pada HP Samsung.

Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara reset HP Samsung ke Setelan Pabrik

Adapun beberapa cara reset yang dapat Anda gunakan antara lain :

  • Lewat Pengaturan, langkah reset yang dapat Anda tempuh apabila seluruh fungsi smartphone masih dapat Anda akses;
  • Kode Dial, langkah reset yang cocok apabila Anda baru membeli perangkat dari pengguna lain;
  • Android Recovery, opsi reset yang cocok apabila perangkat mengalami kerusakan sistem operasi dan bootloop yang tidak memungkinkan Anda masuk ke dalam fitur dasar perangkat.

Cara Reset HP Samsung dari Menu Pengaturan

Langkah reset dari Menu Pengaturan hanya dapat Anda lakukan bila perangkat masih bisa menyala dan beroperasi dengan normal. Dalam proses ini, Anda juga umumnya masih dapat melakukan proses backup sesuai kebutuhan. Sehingga perangkat dan data dapat kembali ke kondisi semula setelah semua prosedur.

Baca Juga :  Cara Reset HP Realme ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Reset HP samsung lewat pengaturan

Beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk reset HP Samsung antara lain:
1. Nyalakan HP Samsung Anda;
2. Akses menu “Setting”;
3. Temukan opsi menu “Factory Data Reset”;
4. Pelajari detail reset yang tersedia;
5. Tekan tombol “Reset”;
6. Masukkan PIN dan perlindungan keamanan lainnya;
7. Konfirmasi proses dan tunggu beberapa saat.

Cara Reset HP Samsung dari Kode Dial

Samsung memiliki kode dial yang dapat Anda fungsikan untuk melakukan reset perangkat. Kode ini merupakan pintasan yang cukup efektif. Sebab Anda tidak perlu melakukan proses yang terlalu rumit di dalamnya. Pintasan ini juga cocok apabila Anda membeli perangkat Samsung second-hand. Sebab Anda tidak perlu memeriksa detail data dan kontak di dalamnya.

Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Reset HP samsung dari Kode Dial

Untuk melakukan reset dengan fitur kode dial, Anda dapat mengikut beberapa langkah berikut:
1. Nyalakan HP Samsung Anda;
2. Buka aplikasi “Telepon”;
3. Ketikkan kode *2767*3855# dan tunggu beberapa saat;
4. Proses reset akan berjalan otomatis.

Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga semua proses selesai. Perangkat akan dapat Anda gunakan kembali setelah beberapa kali reboot dan pemulihan data.

Cara Reset HP Samsung dari Android Recovery

Prosedur reset dari fungsi Android Recovery sering juga dikenal dengan hard reset. Sebab prosedur ini tidak memungkinkan Anda melakukan backup terlebih dulu. Prosedur ini juga sering ditempuh sebagai solusi akhir pada HP Samsung yang mengalami bootloop atau kerusakan sistem operasi secara permanen.

Cara Reset HP Samsung ke Setelan Pabrik Semua Tipe
Reset HP samsung dari Android Recovery

Beberapa langkah yang harus Anda lakukan adalah:
1. Matikan daya HP Samsung Anda;
2. Nyalakan kembali dengan menekan tombol daya dan volume bawah;
3. Tetap tekan tombol selama beberapa saat;
4. Tunggu layer menampilkan fungsi “Recovery Mode”;
5. Gunakan tombol volume untuk memilih opsi yang tersedia;
6. Konfirmasi pilihan dengan tombol daya;
7. Pilih dan konfirmasi opsi “Factory Reset/Wipe Data”;
8. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk reset HP Samsung ke setelan pabrik semua tipe. Setidaknya terdapat 3 cara yang dapat anda lakukan untuk mereset HP samsung, yaitu melalui pengaturan, kode dial, dan android recovery. Ketiga cara tersebut hasilnya akan sama, yaitu mereset HP kembali ke setelan pabrik.

Jika anda tertarik dengan artikel tentang reset HP yang lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara reset HP Oppo ke setelan pabrik semua tipe. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar