close

Cara Mengatasi Capcut Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah

Cara Mengatasi Capcut Error Tidak Bisa Dibuka – Hallo sobat koplo, perkembangan teknologi memang sangat berjalan dengan cepat. Dulu proses edit video hanya bisa dilakukan menggunakan PC atau Laptop saja. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, pada saat ini anda sudah bisa mengedit sebuah video menggunakan HP saja. Karena memang sudah banyak HP yang memiliki spesifikasi yang tinggi.

Selain itu, pada saat ini sudah terdapat aplikasi-aplikasi edit video melalui HP yang dapat anda download secara gratis. Salah satu aplikasi tersebut adalah Capcut. Capcut merupakan salah satu aplikasi edit video di HP yang cukup populer dikalangan para editor. Hal tersebut dikarenakan aplikasi capcut ringan digunakan, memiliki banyak fitur, dan tentu saja mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula sekalipun.

Cara Mengatasi Capcut Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah
Cara Mengatasi Capcut Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah

Cara Mengatasi Capcut Error Tidak Bisa Dibuka

Dikarenakan kelebihan-kelebihan tersebut, pada saat ini total download aplikasi capcut di Play Store sudah lebih dari 100 juta. Tentu hal tersebut adalah jumlah yang sangat besar. Mungkin anda adalah salah satunya juga.

Sejak pertama kali diluncurkan, aplikasi capcut sudah mengalami beberapa kali pembaruan. Tujuan dari pembaruan tersebut adalah untuk menambahkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug-bug yang ada. Akan tetapi, meskipun sudah berulang kali melakukan pembaruan, masih terdapat pengguna yang mengalami beberapa kesalahan atau error saat membuka aplikasi capcut.

Baca Juga :  Cara Export Video Capcut Tanpa Watermark dengan Mudah

Error yang sering terjadi di aplikasi Capcut adalah error capcut tidak bisa dibuka. Apakah anda sudah pernah mengalaminya? Jika pada saat ini anda sedang mengalami aplikasi capcut error tidak bisa dibuka, maka anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara untuk mengatasinya. Silahkan ikuti beberapa tips berikut ini :

1. Perbarui aplikasi capcut anda

Jika aplikasi capcut anda mengalami error tidak bisa dibuka, maka langkah pertama kali yang harus anda lakukan adalah melakukan pembaruan aplikasi capcut ke versi terbaru. Dengan melakukan update, maka bug atau kesalahan-kesalahan yang ada di aplikasi versi lama pasti sudah dibetulkan.

2. Hapus data dan cache aplikasi Capcut

Selain memperbarui aplikasi capcut ke versi terbaru, langkah lain yang dapat anda lakukan adalah dengan menghapus data dan cache aplikasi capcut. Jumlah data dan cache dari suatu aplikasi akan terus bertambah seiring dengan penggunaan aplikasi tersebut. Jika tidak dibersihkan secara berkala, hal itu akan menyebabkan aplikasi tidak berjalan dengan maksimal.

3. Install ulang aplikasi

Aplikasi yang error tidak bisa dibuka bisa saja disebabkan karena aplikasi yang pada saat ini terinstall di HP anda corrup atau tidak terpasang dengan sempurna. Sehingga aplikasi capcut mengalami error atau kesalahan. Untuk mengatasi hal tersebut, anda hanya perlu melakukan uninstall dan menginstall kembali aplikasi capcut.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Capcut Tidak Ada Koneksi Internet

4. Perangkat yang anda gunakan tidak memenuhi syarat

Sebuah aplikasi pasti memiliki kriteria tertentu terhadap perangkat yang dapat diinstall aplikasi tersebut. Misalnya sebuah aplikasi mensyaratkan besarnya RAM suatu perangkat minimal 4GB, maka mau tidak mau anda harus menginstall aplikasi tersebut di HP yang memiliki ram lebih dari 4GB, kalau dipaksakan dibawah 4Gb, aplikasi tidak akan berjalan dengan maksimal.

5. Restart HP anda

Ketika anda tidak bisa membuka sebuah aplikasi, maka hal tersebut bisa disebabkan oleh 2 hal. Yaitu error pada aplikasi dan error pada perangkat yang anda gunakan. Untuk error pada aplikasi, anda dapat memperbaikinya dengan menggunakan cara diatas. Lalu untuk memperbaiki error pada perangkat, anda bisa memperbaikinya dengan cara melakukan restart pada perangkat/HP yang anda gunakan.

6. Pastikan memori penyimpanan anda masih terdapat ruang

Sebuah aplikasi dapat berjalan dengan maksimal jika di HP anda masih terdapat ruang kosong. Karena aplikasi seperti capcut, pasti akan memerlukan ruang penyimpanan yang besar untuk menampung media-media yang anda gunakan. Jadi paling tidak sisakan 10-20% ruang penyimpanan anda agar aplikasi capcut dapat berjalan secara maksimal.

7. Kosongkan RAM HP anda

Kesalahan atau error yang terjadi pada suatu aplikasi bisa juga disebabkan karena RAM HP anda sudah terlalu penuh. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menutup terlebih dahulu semua aplikasi yang ada di HP anda, kemudian silahkan buka kembali aplikasi capcut.

Baca Juga :  Cara Membuat Template di Capcut dengan Mudah

8. Server capcut down

Sebuah aplikasi yang tidak bisa dibuka bisa juga disebabkan karena server dari aplikasi tersebut mengalami gangguan atau down. Jika penyebabnya adalah hal tersebut, maka salah satu cara yang dapat anda lakukan hanyalah menunggu hingga server capcut kembali normal.

9. Melaporkan permasalahan ke Pihak Capcut

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk mengatasi permasalahan capcut tidak bisa dibuka adalah dengan melaporkan permasalahan tersebut ke Pihak capcut. Bisa jadi error yang terjadi pada capcut anda itu merupakan sebuah bug. Jika memang demikian, maka hanya pihak capcutlah yang bisa memperbaikinya.

Yak, kira-kira seperti itulah cara untuk mengatasi capcut error tidak bisa dibuka. Penyebab dari error tersebut bisa dari beberapa faktor. Bisa dari aplikasinya atau bisa juga dari perangkat yang anda gunakan. Oleh karena itu, silahkan anda coba satu per satu dari cara diatas sampai anda menemukan solusinya.

Jika anda tertarik dengan tutorial capcut lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul cara export video di capcut tanpa watermark. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah berkunjung di www.bloggerkoplo.com. Salam koplo.

Tinggalkan komentar